Pavel Durov, sang pendiri Telegram beberapa waktu lalu menyerukan kepada pengguna Whatsapp di seluruh Dunia untuk berhenti menggunakan Whatsapp dan beralih menggunakan Telegram. Hal ini bukan tanpa alasan, yaitu karena isu keamanan Whatsapp yang dianggap kurang mampu melindungi privasi pengguna.

Telegram sebenarnya punya banyak keunggulan yang dapat dijadikan alasan kenapa kalian harus mulai menggunakan Telegram.

Berikut 10 Alasan Kenapa Kalian Harus mengunakan Telegram :

1. Telegram Mempunyai Penyimpanan Unlimited

Telegram menyediakan penyimpanan tanpa batas, sehingga pengguna bisa mengirimkan puluhan file tanpa batasan bahkan dengan ukuran diatas 1GB perfile. Bisa kirim jadi penyimpanan video ataupun file besar lainnya. Dan pastinya penyimpanan ini tidak akan memakan penyimpanan handphonemu jika tidak di download.

Hal ini juga berpengaruh kepada history chat, berbeda dengan Whatsapp jika kita baru bergabung dalam satu grup maka chat history sebelumnya tidak akan terlihat, di Telegram seluruh history chat di grup akan muncul meskipun kita baru bergabung.

2. Mampu Mengirimkan File Tanpa Terkompres

Jika pengguna Whatsapp sering mengeluhkan penurunan kualitas ketika mengirimkan gambar atau video, hal ini sepertinya tidak berlaku bagi pengguna Telegram karena setiap pengguna bisa memilih opsi untuk mengirimkan file asli atau file yang sudah di kompres. Jika pengguna memilih untuk mengirimkan file dalam ukuran asli maka penerima akan menerima file dalam ukuran yang sama pula. Keren kan? Pengguna Telegram juga dapat mengirim segala jenis file melalui Telegram.

3. Kapasitas Anggota Grup Hingga 30.000 Orang

Kapasitas grup di Whatsapp saat ini maksimal 250 orang, sedangkan Telegram bisa hingga 30.000 orang member dalam satu grup. Wah cocok banget nih komunitas yang punya anggota ribuan semua bisa bergabung dalam satu grup. Salah satunya yang saya buat yaitu grup Telegram Digital Marketing Indonesia. Kalian bisa bergabung jika tertarik untuk memperlajari Digital Marketing dan mencari informasi mengenai Digital Marketing.

4. Channel

Saluran agak mirip dengan grup, yang dapat menampung jumlah anggota yang tidak terbatas. Pembuat saluran dapat memutuskan siapa yang dapat memposting dan anggota lain dapat melihat posting.

5. Pengguna Memiliki Username

Kalian keberatan untuk menyebarkan no handphone? Tenang, bagi kalian pengguna telegram kalian bisa membagikan akun Telegram tanpa nomor handphone, cukup dengan username. Sehingga kalian dapat berkomunikasi dengan siapa pun di telegram walaupun tidak memiliki nomor kontak orang lain. Ini untuk memastikan privasi nomor kontak pengguna.

6. Kecepatan

Pernah merasakan gangguan saat menggunakan Whatsapp di PC atau Laptop? Tenang, hal ini sepertinya hampir tidak mungkin dialami pengguna Telegram. Aplikasi Telegram baik di Desktop ataupun di Telegram Web lebih stabil termasuk untuk mengirimkan file dalam ukuran besar.

7. Secret Chat

Obrolan rahasia adalah semacam obrolan terenkripsi ujung ke ujung di mana seseorang dapat mengatur pesan agar terhapus otomatis sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Pesan-pesan akan dihapus secara otomatis ketika sudah waktunya.

8. Dukungan Banyak Bot

Telegram Ini adalah bagian dari program yang didasarkan pada AI dan pembelajaran mesin pada tingkat kecil. Itu dapat melakukan berbagai tugas. Misalnya, bot untuk Integrasi ke berbagai platform seperti Trello, Slack, Google Calender hingga Bot yang bisa dijadikan admin untuk mengontrol grup.

9. Bisa Login di banyak Perangkat

Pengguna di telegram dapat masuk di beberapa perangkat pada saat yang sama dan dapat menerima pesan di semua perangkat. Telegram juga dapat mengingat sesi mereka di browser. Ini adalah fitur keren.

10. GRATIS!

Dan pastinya alasan terakhir yang rasanya tidak perlu di tuliskan, yaitu Telegram FREE alias Gratis tanpa Iklan. Kenapa bisa gratis? Akan saya tuliskan dalam artikel berikutnya.