Pengertian Browser Internet

Browser dalam bahasa Indonesia bisa berarti penjelajah web, peramban web atau penelusur web adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber informasi dari Internet. Sebuah sumber informasi diidentifikasi dengan pengidentifikasi sumber seragam yang dapat berupa halaman web, gambar, video, atau jenis konten lainnya.

Meskipun penjelajah web terutama ditujukan untuk mengakses Internet, sebuah penjelajah juga dapat digunakan untuk mengakses informasi yang disediakan oleh server web dalam jaringan pribadi atau berkas pada sistem berkas. Beberapa penjelajah web yang populer adalah Google Chrome, Firefox, Internet Explorer, Opera, dan Safari.

Sumber : statcounter.com

Browser yang paling banyak digunakan di Indonesia?

1. Chrome 69,2%

Google Chrome adalah browser terbuka yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium. Versi beta pertama kali untuk Microsoft Windows diluncurkan pada 2 September 2008 dalam 43 bahasa, saat ini chrome berkembang dari segi pengguna karena dukungan yang diberikan Google serta kecepatan serta aksesnya yang memudahkan pengguna.

Baca Juga :  Apa itu Hosting dan Domain, Berikut Pengertiannya

2. Safari 7,33%

Browser milik Apple ini berada di urutan kedua. Pada 7 Januari 2003, Steve Jobs mengumumkan bahwa Apple telah mengembangkan peramban web miliknya sendiri yang berbasiskan KHTML mesin peramban yang dinamakan Safari. Perkembangan safari hal ini bukan tanpa sebab, salah satunya karena Apple saat ini memiliki jumlah user yang cukup besar dan menjadi default browser pada perangkat Apple seperti Ipad, Macbook, Iphone serta iMac.

3. Firefox 7.12%

Mozilla Firefox adalah peramban web lintas platform bebas dan sumber terbuka yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 November 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media, bahkan dari Forbes dan Wall Street Journal. Sempat menjadi Browser dengan jumlah pengguna terbanyak, perkembangan Firefox saat ini dikalahkan oleh Chrome yang semangkin menguasai pasar. Selain itu Firefox kerap dianggap kurang praktis dibanding Chrome.

4. UC Browser 4,02%

UC Browser adalah sebuah aplikasi penjelajah web untuk telepon genggam yang diluncurkan pada tahun 2004. Browser yang terkenal dengan fitur blokir Iklan ini memiliki U3 dapat memberikan user pengalaman web surfing yang cepat, nyaman dan aman. UC Browser sempat melakukan promosi gencar di Indonesia, hal ini berdampak dari jumlah penggunanya saat ini cukup banyak meskipun tidak menjadi default browser seperti Chrome dan Safari.

Baca Juga :  Cara Mendaftarkan Tempat Bisnis di Google Maps!

5. Opera Browser 3,5%

Opera merupakan peramban web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform. Terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti peramban web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Opera dikenal karena memiliki banyak fitur yang kemudian diadopsi oleh peramban web lainnya. Meskipun memiliki berbagai kelebihan, Opera hanya mendapat sebagian kecil pangsa pasar peramban komputer pribadi di seluruh dunia.

Itulah browser yang paling banyak digunakan di Indonesia, semoga bermanfaat!