Egi Andrea Digital Marketing yang sedang tertarik dengan SEO dan Blogging | Semoga tulisan saya bisa memberikan manfaat! blog.egiandrea(at)gmail.com

6 Hal Kecil yang Harus Kamu Lakukan dalam Keseharian

1 min read

Dalam kehidupan hari-hari banyak hal kecil yang kita lakukan baik baik disadari ataupun tidak, padahal ada beberapa hal kecil yang punya dampak yang besar bagi kita.

Apa saja hal kecil yang harus kamu lakukan dalam keseharian?

1. Tepat Waktu Saat Janjian

Apakah kamu pernah janjian dengan orang dan terlambat datang? Atau mungkin kamu termasuk orang yang selalu on time saat janjian? Pilihan satu di antara keduanya akan menunjukkan seberapa besar cara menghargai orang lain yang kamu lakukan.

Nggak bisa dipungkiri, banyak dari kita yang mungkin masih terbiasa untuk terlambat datang dalam pertemuan. Masyarakat Indonesia menyebut “ngaret”. Untuk memaknainya mudah saja kan, seperti karet, yang terus mulur jika ditarik.

“Lebih baik datang 3 jam lebih awal daripada terlambat satu menit” – William Shakespeare

2. Terbiasa Mengucapkan Tolong, Maaf dan Terima Kasih

Ketiga kata tersebut di atas begitu familiar di telinga kita. Siapapun tentu sepakat bahwa ketika kata tersebut adalah kata-kata yang dibiasakan untuk diucapkan dalam interaksi sesama manusia. Dalam kehidupan keseharian, sebagai makhluk sosial tentunya setiap manusia tidak dapat hidup sendiri. Dia perlu berinteraksi dengan orang lain. Dalam interaksi tersebut, ungkapan-ungkapan tersebut pasti pernah terucap.

Baca Juga :   Cara Menghapus Tracking Google Maps di Ponsel

Ketiga kata tersebut selain perlu diucapkan secara tulus, juga perlu disertai dengan ekspresi dan bahasa tubuh yang mendukung, karena jika tidak, maka akan terasa hambar, dan akan dinilai hanya sebagai basa-basi saja.

3. Mendengar Bukan Menyela

Sangat menyenangkan kalau saat kita berbicara, orang lain fokus dan perhatian terhadap apa yang kita utarakan. Simpan pendapat Anda sendiri sampai orang yang berbicara dengan Anda menyelesaikannya. Itu akan memberi orang tersebut perasaan bahwa dia telah didengar. Anda pun mendapat manfaat dari memahami apa yang dikatakan orang lain kepada Anda. Ini pun akan membantu jika orang itu terjebak dalam masalah pada kehidupannya.

Bayangkan jika telinga kita berbalik menjadi pendengar, dan orang di depan kita sedang bicara banyak hal tapi rasanya perasaan di tubuh ini melayang entah kemana, hanya telinga kita yang hadir menangkap sayup-sayup kata darilawan bicara.

4. Menatap Mata Lawan Bicara

alam bersosialisasi termasuk bicara, jika Anda melihat seseorang yang menatap Anda, maka kemungkinan Anda dapat mulai lebih berkonsentrasi pada tindakan dan perilaku yang akan Anda lakukan. Ini bisa menjadi hal positif apabila Anda melakukannya dengan benar. Jika Anda melihat seseorang mencoba ‘mengunci pandangan’ pada Anda, konsenterasilah agar Anda bisa mengetahui sikap yang Anda lakukan sudah sesuai atau belum. Bahkan adalah mitos bahwa seseorang menghindari berbohong sambil menatap langsung ke mata lawan bicara, dan ilmu pengetahuan mendukung pernyataan ini.

Baca Juga :   10 SKill Yang Dibutuhkan Tahun 2020

5. Tidak Lupa Nama Orang

Nama merupakan sebuah identitas personal. karena itu, mengingat nama orang lain menjadi hal penting yang harus dilakukan. Mengingat nama merupakan bagian dari pengakuan eksistensi atas seseorang. Oleh sebab itu, menyapa seseorang dengan menyebutkan namanya, merupakan momen indah bagi seseorang yang di sapa. Karena secara tidak langsung, ini menunjukan pengakuan eksistensi atas orang yang di sapa tersebut. Hal ini baik untuk meningkatkan hubungan secara personal.

6. Berkata yang Baik atau Diam

Dalam kehidupan sehari-hari sering kita jumpai, seseorang yang sering berbicara atau istilahnya nyrocos. Hal ini menimbulan kesan negatif terutama untuk pembicaraan formal. Jika diatas disampaikan bahwa Mendengar bukan menyela, maka ini adalah lanjutannya. Lebih baik diam ketika memang apa yang kita sampaikan tidak memberikan manfaat atau justru memperburuk keadaan.

Egi Andrea Digital Marketing yang sedang tertarik dengan SEO dan Blogging | Semoga tulisan saya bisa memberikan manfaat! blog.egiandrea(at)gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *