Contact - blog.egiandrea(at)gmail.com

Bagaimana Algoritma Instagram Tahun 2021?

Memahami tentang algoritma Instagram, dapat membantu kamu untuk membuat rencana dan tau apa yang cocok untuk Instagram yang sedang kamu kelola. Termasuk melihat bagaimana cara terbaik untuk mempelajari Postingan Feed dan Stories

Tahun 2016, Intagram beralih dari postingan feed berdasarkan kronologi (yang terakhir update, nongol paling atas tuh postingan) ke penggunaan algoritma untuk merangking posisi terbaik di postingan pertama yang muncul di feed.

Mari kita lihat bagaimana algoritma Instagram sekarang bekerja dan melihat beberapa contoh praktik terbaik untuk kamu!

Untuk pemula (termasuk saya hehe) akan melihat bagaimana algortima Instagram bekerja. Karena tampaknya Instagram memberikan reward kepada para content creator yang berinvestasi dalam pembuatan konten dengan mengkombinasikan format tersebut.

Algoritma Instagram Feed

Setelah perubahan algoritma feed tahun 2016, selanjutnya pada Juni 2018. Instagram membagikan 6 faktor algoritmanya dan sampai saat ini algoritma tersebut belum berubah secara dratis.

3 Faktor yang mempengaruhi peringkat Instagram Feed.

  1. Interest
    Seberapa besar Instagram memprediksi kamu akan peduli dengan sebuah postingan, dan dengan itu peringkat yang lebih tinggi untuk post yang dianggap penting bagi kamu ditentukan dari perilaku sebelumnya pada konten yang serupa (dan berpotensi bagi Machine Vision menganalisis konten postingan yang sebenarnya)
  2. Recency
    Bagaimana post terbaru dibagikan, dengan memprioritaskan postingan yang baru daripada postingan yang sudah seminggu lamanya.
  3. Relationship
    Seberapa dekat kamu dengan orang yang membagikan post tersebut, dengan peringkat lebih tinggi untuk orang-orang yang terakhir kali berinteraksi dengan kamu sebelumnya di Instagram, seperti memberikan komentar pada postingan mereka atau ditandai bersama pada gambar postingan.

3 Faktor lain yang mempengaruhi peringkat Instagram Feed

  1. Frequency
    Berapa kali kamu membuka Instagram, dimana Instagram akan mencoba untuk menunjukan postingan terbaik sejak kunjungan terakhir kamu.
  2. Following
    Jika kamu mengikuti banyak orang, Instagram akan memilih author yang lebih terkenal atau lebih luas jaringanya sehingga kamu akan melihat lebih sedikit orang tertentu secara spesifik.
  3. Usage
    Seberapa lama kamu menggunakan Instagram akan menentukan apabila kamu hanya melihat postingan terbaik di waktu yang singkat, atau kamu mencoba untuk menggali katalog lebih dalam jika kamu menghabiskan lebih banyak waktu untuk browsing.

Algoritma Instagram Stories

Instagram Stories diluncurkan pada agustus 2016 lalu. Instagram stories memungkinkan pengguna memposting foto dan video singkat yang menghilang dalam 24 jam, seperti Snapchat Stories. CEO Instagram, Kevin Systrom bahkan menyatakan secara terbuka bahwa fitur ini menyalin ide dari Snapchat dengan upaya untuk menarik perhatian pengguna instagram pada saat Snapchat mulai banyak digunakan. 

Pada Desember 2017 lalu, Instagram memperkenalkan Highlight Stories dan Arsip Stories untuk menyimpan stories selama lebih dari 24 jam. Highlight Stories akan muncul di profil Instagram kamu dan berada tepat di bawah bio instagram kamu.

Menurut informasi yang dikutip dari Jillian Warren, seorang content creator di Later berbasis di Inggris. Instagram Stories menggunakan algoritma yang mengutamakan stories dari orang orang yang sering berinteraksi dengan kamu atau jika kamu memiliki ketertarikan pada profil instagram tertentu, maka stories itu akan muncul di pilihan terdepan. 

Jillian Warren juga mengatakan, “Instagram Stories ingin memastikan kamu melihat stories dari akun favoritmu” Jadi, tidak ada salahnya untuk sering memposting di Instagram stories terutama jika kamu memiliki followers yang sering berinteraksi denganmu. 

Lantas berapa banyak konten stories yang disarankan? Tidak ada patokan pasti, kamu dapat menyesuaikan dan mengukur dengan profil instagram mu masing-masing. Sebagai alternatif jika kamu bingung, mengunggah stories 8 – 10 per minggu atau 2 per hari adalah jumlah minimal yang disarankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapetin Insight seputar Digital Marketing & Sosial Media di Grup Telegram. GRATIS!
Join Grup Telegram
Total
0
Share