Egi Andrea Digital Marketing yang sedang tertarik dengan SEO dan Blogging | Semoga tulisan saya bisa memberikan manfaat! blog.egiandrea(at)gmail.com

Apa itu Hosting dan Domain, Berikut Pengertiannya

1 min read

Di era perkembangan digital seperti saat ini, banyak istilah yang sering kita dengar salah satunya Hosting dan Domain, lantas apa itu Hosting dan Domain? Berikut penjelasannya.

Hosting

Hosting adalah tempat penyimpanan untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website dan sehingga dapat diakses lewat Internet. Data disini dapat berupa file, gambar, email, aplikasi/program/script dan database.

Jika di ibaratkan, hosting merupakan rumah yang berisi banyak benda dan alat yang dibutuhkan untuk kebutuhan sehari-hari.

Jenis-Jenis Web Hosting

Shared Hosting

Dari segi penggunaan hardware, shared hosting merupakan paket web hosting yang paling murah. Layanan ini menyimpan berbagai jenis website di satu server yang sama. Masing-masing usernya mendapatkan ruang penyimpanan dan resource yang kapasitasnya telah ditentukan. Apabila Anda masih baru di dunia web hosting atau Anda hanya ingin membuat blog sederhana, shared hosting merupakan pilihan web hosting terbaik yang pernah ada.

VPS Hosting

Setup Virtual private server (VPS) layaknya setup shared hosting pada level yang lebih tinggi. Hosting ini menggunakan hadware yang lebih powerful. Meskipun ada banyak website yang disimpan di hardware fisik yang sama, masing-masing menggunakan software virtualisasi agar dapat beroperasi secara independen seolah-olah website tersebut adalah mini-server yang dedicated.

Dedicated Hosting

Dedicated hosting merupakan hosting yang ditujukan bagi para user yang sudah berpengalaman. Seperti namanya, server ini didedikasikan sepenuhnya untuk satu website. Dengan kata lain, tidak seperti shared hosting dan VPS hosting, user dedicated hosting tidak perlu menggunakan ruang penyimpanan dan resource bersama-sama dengan user lain. Bahkan perangkat keras fisik menjadi milik user dedicated hosting sepenuhnya.

Cloud Hosting

Cloud hosting memungkinkan usernya untuk memanfaatkan sejumlah server yang saling terhubung dan jika diperlukan, dapat mengambil alih satu sama lain. Dengan kata lain, jika Anda memerlukan resource lebih banyak, cloud akan menyediakannya sesuai kebutuhan. Biasanya cloud hosting menjadi pilihan hosting terbaik bagi mereka yang menginginkan 100% uptime tanpa mengindahkan harga.

Salah satu hosting rekomendasi saya adalah DomaiNesia, selain karena harganya yang terjangkau. Layananya juga cukup baik!

DomaiNesia

Domain

Domain adalah nama yang diberikan untuk mengidentifikasi sebuah jaringan tanpa menggunakan internet protokol (IP), mengingat biasanya IP menggunakan angka-angka yang sulit dihafal. Dalam dunia internet, domain merupakan aspek penting dalam sebuah website. Fungsinya adalah sebagai alamat yang memudahkan para pengunjung untuk mencari informasi yang mereka inginkan.

Jika hosting adalah rumah, maka domain adalah alamat dari rumah tersebut maka diberi nama jalan dan nomor rumah.

Jenis domain yang sering kita jumpai

  • .com digunakan untuk website komersial atau perusahaan
  • .net digunakan untuk website jaringan
  • .org digunakan untuk website organisasi (non profit)
  • .gov digunakan untuk website pemerintah
  • .biz digunakan untuk website bisnis
  • .info digunakan untuk website informasi
  • .edu digunakan untuk website pendidikan
  • .ac digunakan untuk website akademis
  • .sch digunakan untuk website sekolah
  • .id digunakan untuk website Indonesia
  • .co.id digunakan untuk website komersial atau perusahaan di Indonesia
  • .go.id digunakan untuk website pemerintah di Indonesia
  • .or.id digunakan untuk website organisasi non profit di Indonesia
  • .web.id digunakan untuk website non formal atau pribadi di Indonesia

Egi Andrea Digital Marketing yang sedang tertarik dengan SEO dan Blogging | Semoga tulisan saya bisa memberikan manfaat! blog.egiandrea(at)gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *