Apa itu VPN?

Virtual Private Network (VPN) merupakan metode yang digunakan untuk meningkatkan keamanan serta privacy ke jaringan individu dan publik, seperti WiFi maupun koneksi Internet lainnya. Virtual Private Networks sering digunakan oleh industri untuk melindungi informasi sensitif. Tetapi, pemakaian VPN untuk individu menjadi terkenal seiring banyaknya situs yang diblokir serta pencurian data.

Ketika kita mengakses website di internet, maka kita terhubung dengan ISP (Internet Service Provider). Semua trafik permintaan untuk website yang kita akses akan melewati server ISP dan bisa dilihat oleh pihak ISP.

Berbeda halnya dengan komputer yang menggunakan VPN saat mengakses internet. VPN akan mengenkripsi data sehingga hanya pengguna server VPN yang bisa mengetahui data pengguna dan situs yang dibuka oleh pengguna.

Kenapa kamu memerlukan VPN?

1. Menyembunyikan dan mengganti alamat IP

Alamat IP sering diumpamakan sebagai kartu identitas kamu di Internet dan merupakan sesuatu yang berharga. IP memungkinkan kita suntuk mampu bertukar komunikasi dengan semua perangkat lain di Web. Dan mirip dengan ID, Anda diberikan alamat IP, biasanya disediakan oleh ISP Anda. Dengan menyembunyikan IP asli kita, maka kita dapat terlindung dari beberapa kejahatan dunia maya seperti tracking dan sebagainya.

2. Enkripsi transfer data di Publik Wifi

Spoofing WiFi serta Firesheep merupakan 2 metode gampang buat meretas data. Analogi yang bermanfaat merupakan kalau firewall melindungi informasi Kamu dikala terletak di pc serta VPN melindungi informasi Kamu di website. VPN memakai protokol enkripsi mutahir serta metode tunneling yang nyaman buat merangkum seluruh transfer informasi online.

3. Menghilangkan lokasi kamu

IP bisa digunakan untuk melacak dimana lokasimu berada bahkan hingga ke penyedia jasa layanan atau Internet Provider yang kamu gunakan. Dengan menggunakan VPN maka lokasimu akan tersamarkan.

4. Kamu bisa mengganti ‘negara’ asalmu di Internet

Kamu bisa mendapatkan alamat IP dari kota yang disediakan layanan VPN. Misalnya, misalnya kamu tinggal di Indonesia dan ingin mendapatkan layanan khusus dari sebuah situs untuk negara India, maka kamu dapat mengganti IP dengan negara India dan kamu akan dianggap sebagai pengguna dari India oleh situs tersebut.

5. Akses situs website yang diblokir

Pemblokiran mengakses website memang sering menganggu terutama untuk yang aktif berselancar di dunia maya. Terlebih lagi bila website yang diblokir tidak seharusnya diblokir, salah satunya menurut saya adalah Netflix yang diblokir oleh jaringan Telkom. Ada berbagai macam cara untuk mengakses sistus yang diblokir salah satunya dengan VPN

6. Keamanan Jaringan

Keamanan merupakan alasan utama kenapa industri sudah memakai VPN sepanjang bertahun- tahun. Terus menjadi banyak tata cara simpel buat mencegat informasi yang bepergian ke jaringan. Sebagian besar pengguna pc yang pintar tidak hendak bermimpi tersambung ke Internet tanpa firewall serta antivirus terkini. Tumbuh ancaman keamanan serta ketergantungan yang terus menjadi bertambah pada Internet menjadikan Virtual Private Network bagian berarti dari keamanan merata. Pengecekan integritas membenarkan tidak terdapat informasi yang lenyap serta koneksi belum dibajak. Sebab seluruh kemudian lintas dilindungi, VPN lebih disukai daripada proxy.