Jika Kalian menggunakan Google Maps di Ponsel, entah Android ataupun Iphone maka secara tidak sadar kalian mungkin telah mengijinkan Google untuk melacak lokasi kalian dalam bentuk history.

Google secara otomatis menyimpan catatan terperinci di mana pun dan kemanapun kalian pergi, apakah Anda berjalan, mengemudi atau bahkan terbang di mana saja di dunia. Ini sangat rinci sampai ke menit, dan dapat menunjukkan di mana kalian berada secara real time.

Informasi ini sebenarnya dapat bermanfaat bagi kalian. Mungkin untuk melihat ke belakang dan melihat ke mana kalian pergi selama perjalanan sebelumnya atau ingin mengetahui berapa lama biasanya waktu yang diperlukan untuk pergi ke suatu tempat yang sering kaliankunjungi. Tetap saja, agak menyeramkan memiliki data yang bertahun-tahun disimpan di server Google.

Berikut adalah tampilan history yang disimpan oleh Google :

Uniknya sebagian orang tidak mengetahui hal ini, karena settingan mengenai hal ini agak tersembunyi di aplikasi atau website Google alias tidak tampil dalam layar utama.

Baca Juga :  Cara Mendaftarkan Tempat Bisnis di Google Maps!

Lantas bagaimana cara menghapus history lokasi google maps?

  1. Buka Google Maps di iPhone atau Android.
  2. Ketuk menu di kiri atas aplikasi.
  3. Pilih “Timeline Anda.”
  4. Ketuk tiga titik di kanan atas layar.
  5. Pilih “Pengaturan dan privasi.”
  6. Pilih “Hapus riwayat lokasi secara otomatis.”

Namun, Google sebenarnya sudah meluncurkan fitur yang memungkinkan kalian untuk menghapus secara otomatis lokasi yang tersimpan di Google Maps setiap 18 bulan atau setiap 3 bulan. Apa pun yang lebih tua dari itu secara otomatis dihapus, jadi Google tidak akan tahu tentang pemberhentian yang Anda buat di Las Vegas tahun lalu.

Jika kalian merasa memerlukan history riwayat ini, saran saya gunakan settingan untuk menghapus history secara otomatis dalam periode tertentu misalnya 3 bulan. Google untuk menghapus setelah setiap 3 bulan.