Egi Andrea Digital Marketing yang sedang tertarik dengan SEO dan Blogging | Semoga tulisan saya bisa memberikan manfaat! blog.egiandrea(at)gmail.com

Cara Baru Cari Kerja via EKRUT.com!

2 min read

Mendengar istilah Marketplace kamu pasti langsung terpikir dengan startup Hijau, Orange dan Merah, tempat kamu cari semua barang lewat smartphone dan bikin kantong kering. Apalagi di era pandemi seperti saat ini, masyarakat semangkin dekat dengan marketplace ecommerce. Hal ini didukung dengan kemudahan akses untuk mendapatkan barang, bisa dibilang sambil rebahan juga barang datang.

Etss tunggu dulu, kalau ngomongin marketplace nggak hanya itu. Sudah pernah dengar Talent Marketplace? Lalu hubungannya dengan Cara baru buat cari kerja apa? Check this out.

Apa itu Talent Marketplace?

Talent Marketplace adalah sebuah sistem Digital Talent Recruitment yang menjadi penghubung antara kamu sebagai pencari kerja dan Perusahaan yang membutuhkan talent. Gampangnya, Marketplace ini adalah tempat akun profilmu dapat dilihat oleh banyak perusahaan.

Dan Jika ada perusahaan yang tertarik makan kamu akan mendapatkan notifikasi untuk melanjutkan proses recruitment mulai dari wawancara hingga proses lainnya. Salah satu Talent Marketplace yang menjadi pelopor dan terbaik di Indonesia menurut saya adalah Ekrut.com.

Apa itu EKRUT?

EKRUT adalah talent marketplace yang mengusung konsep berbasis data science. Ekrut sendiri berdiri sejak September 2016, dengan tujuan utama untuk memberikan kemudahan bagi pekerja untuk mendapatkan pekerjaan, dan perusahaan untuk lebih mudah mendapatkan kandidat yang berkualitas.

Konsep yang digunakan adalah talent marketplace dan marketplace curation algorithm (MCA). Talent Marketplace ialah berbasis data science, diklaim menjadi yang pertama di Indonesia. Sedangkan MCA merupakan data engine yang menjadi “otak” utama dari proses pencocokan antara talenta dengan kebutuhan perusahaan.

Dengan konsep ini, perusahaan akan lebih mudah mendapatkan kandidat, EKRUT akan menghubungan kamu dengan perusahaan yang cocok seperti konsep Talent Marketplace yang sudah saja jelaskan tadi.

“Layanan lain kebanyakan masih menggunakan konsep job portal, perusahaan mengunggah lowongan, dengan harapan mendapatkan talenta yang sesuai. Sedangkan di Ekrut kami menggunakan konsep sebaliknya, talenta mendaftar dan perusahaan yang akan mencari kandidat sesuai preferensi,” jelas Aldo (Manager Marketing EKRUT)

Dikutip dari Daily Social

Kenapa Harus EKRUT?

Buat kamu yang baru tau atau baru denger EKRUT, saya sangat merekomendasikan untuk segera Sign Up dan lengkapi profil. Masih Ragu? Nih saya 4 kasih alasan kenapa kamu harus Sign Up di EKRUT!

1. Bekerjasama dengan perusahaan Besar

Dilansir dari website ekrut.com, ada banyak perusahaan besar yang baik startup maupun corporate. Tentunya jumlah ini akan bertambah , penasaran? Beberapa perusahaan yang sudah bergabung seperti , Gojek, OVO, Jenius, Traveloka, IDN Media, Toshiba, Kalbe Farma, Kopi Kenangan, Inspigo, Mid Trans, My Republic, Fave dan masih banyak perusahaan lain.

Bahkan di lansir dari Instagram @ekrutofficial, data terakhir menyebutkan lebih dari 1200 Perusahaan telah bergabung di EKRUT mulai dari startup, unicorn, dan korporasi ternama lainnya.

2. Nggak Perlu Melamar Kerja!

Kalau di Portal Job lain kamu sibuk mantengin lowongan setiap hari, disini kamu boleh bilang #ByeByeApply. Yang perlu kamu lakukan hanya melengkapi profil selengkap mungkin, dan kamu akan mendapatkan notifikasi ketika ada perusahaan yang tertarik denganmu!

Ada banyak jenis lowongan yang tersedia, sementara data dari Ekrut sendiri, jenis pekerjaan yang paling banyak dicari adalah Tenaga IT. Apakah kamu salah satunya?

Nggak cuma itu, kamu juga memilih preferensi pekerjaan yang kamu inginkan, mulai dari Posisi, Wilayah hingga Ekspektasi Gaji, hayo siapa yang pengen naik gaji nih? Hihi

3. Good Bye Lowongan Palsu

Hal ini masih menjadi momok di dunia kerja di Indonesia, banyak banget Lowongan Kerja Palsu yang berkeliaran di portal job hingga sosial media. Mulai dari perusahaan yang nggak jelas, sampai ada syarat untuk membeli tiket akomodasi.

Di EKRUT, kamu dipastikan akan di hire oleh perusahaan dengan kredibilitas yang baik. Karena semua perusahaan yang bergabung dengan EKRUT sudah melalui proses verifikasi terlebih dahulu sehingga kamu bisa tenang dan aman dari penipuan.

4. Gratis

Kalua ngebayangin kemudahannya, kamu mungkin mikir ini pasti bayar. Tapi ternyata kamu salah besar! Udah dibantuin cari kerja, nggak perlu Apply, ditambah potensi kamu untuk di hire perusahaan besar, dan kerennya EKRUT GRATIS buat kamu! Jadi nggak ada ruginya? Cukup kouta internet yang nggak seberapa dan waktu santai kalian bisa dapet kerjaan. Hadeh kenapa masih pada baca? Langsung aja Daftar!

Bagaimana Cara Masuk atau Mendaftar di EKRUT?

  1. Daftar Ekrut melalui link ekrut.com/signup

  2. Lengkapi Profilmu selangkap mungkin, perhatikan indikator kelengkapan profilmu.

  3. Setelah itu akan ada informasi profiling yang menandakan akunmu sedang di tinjau oleh tim EKRUT.

  4. Jika memenuhi kouta maka akunmu akan masuk ke Marketplace

  5. Talent Marketplace akan diperbaharui setiap minggunya.

Jadi, apakah kamu tertarik? Selamat mencoba!
Referensi Tulisan ini merujuk pada website resmi EKRUT.com

Egi Andrea Digital Marketing yang sedang tertarik dengan SEO dan Blogging | Semoga tulisan saya bisa memberikan manfaat! blog.egiandrea(at)gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *