Contact - blog.egiandrea(at)gmail.com

Cara Cek Status IMEI Handphone! Di Blokir?

Semenjak tahun 2020, nomor IMEI menjadi hal penting di masyarakat. International Mobile Equipment Identity (IMEI) adalah nomor identitas yang dikeluarkan oleh produsen Handphone yang berfungsi untuk mengidentifikasi ponsel.

Nomor IMEI tidak bisa berubah sehingga dianggap sebagai Nomor Identitas Ponsel. Saat ini banyak pengguna yang ingin menge cek status IMEI Handphone nya masing-masing.

IMEI sendiri terdiri dari 14 angka unik dan pada perangkat terbaru ada yang mencapai 16 angka. Selain untuk mengidentifikasi perangkat, IMEI juga bisa digunakan untuk hal lainnya seperti memblokir sinyal SIM. Nantinya Anda bisa melaporkan ke provider saat perangkat Anda dicuri dan meminta pemblokiran sinyal sehingga tidak bisa digunakan.

Direktorat Pengawasan Barang Beredar dan Jasa Kementerian Perdagangan (Kemendag) Ojak Simon Manurung mangungkapkan bahwa aturan soal IMEI akan mulai berlaku pada 18 April 2020.

Dengan berlakunya aturan tersebut, maka setiap perangkat yang dikenakan aturan seperti ponsel (handphone), komputer, dan tablet wajib memiliki nomor IMEI yang terdaftar dalam pusat data Kemendag, Kemenperin, serta telah diverifikasi oleh Kemenkominfo, sehingga kalian wajib mengetahui menge cek status IMEI handphone kalian.

Berikut Cara Mengecek status IMEI Handphone Terblokir atau tidak.

  1. Cek IMEI di Handphone melalui Menu Setting

    Setiap perangkat akan mencantumkan IMEI di menu setting handphone, setiap handphone akan berbeda beda. Lantas bagaimana jika tidak ada di Handphone atau kamu kebingungan mencarinya? Gunakan cara kedua!

  2. Mengecek IMEI dengan panggilan

    Silahkan lakukan panggilan ke nomor *#06# , maka layar ponsel akan menampilan nomor IMEI. Langsung catat nomor IMEI yang ditampilkan.

  3. Kunjungi situs imei.kemenperin.go.id

    Setelah Login ke Situs Kemenperin, silahkan masukan IMEI yang sudah kalian catat tadi, dan enter. Kalian akan mendapatkan pemberitahuan apakah nomor IMEI kalian terdaftar atau tidak. Selamat mencoba!

Jika terdapat notifikasi bahwa IMEI terdaftar, selamat berarti handphonemu bisa digunakan dan terbebas dari Blokir. Begitulah cara mengecek status IMEI Handphone kalian, buruan cek sekarang. Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapetin Insight seputar Digital Marketing & Sosial Media di Grup Telegram. GRATIS!
Join Grup Telegram
Total
0
Share