Egi Andrea Digital Marketing yang sedang tertarik dengan SEO dan Blogging | Semoga tulisan saya bisa memberikan manfaat! blog.egiandrea(at)gmail.com

Cara Download Jurnal International, Gratis!

2 min read

Download Jurnal Gratis

Akses jurnal saat ini cukup mudah bahkan tersedia sangat banyak di Internet, Google sendiri bahkan menyediakan situs khusus untuk penggunanya mengakses Jurnal International secara online. Akses Jurnal Gratis ini biasanya sangat dibutuhkan oleh para pelajar, mahasiswa, dosen maupun peneliti. Lantas apa itu Jurnal Penelitian?

Apa itu Jurnal Penelitian?

Jurnal adalah tulisan khusus yang memuat artikel suatu bidang ilmu tertentu yang dikeluarkan oleh seorang yang berkompeten di bidangnya dan diterbitkan oleh Suatu instansi (Lembaga) dan mencakup semua bidang ilmu, seperti Ilmu Alam, Ilmu Sosial, Humaniora.

Cara Download Jurnal Gratis

Biasanya kamu yang berstatus sebagai mahasiswa ataupun pelajar seringkali membutuhkan akses jurnal untuk mendukung tugas atau penelitianmu, berikut saya berikan referensi situs untuk mendownload Jurnal secara gratis dan mudah. Jurnal yang tersedia juga berbagai macam, mulai dari Nasional hingga International serta dari berbagai bidang.

1. Google Scholar

scholar.google.com adalah mesin pencari  dari google untuk mencari jurnal online gratis. Kamu cukup menuliskan kata kunci jurnal sesuai keinginan. Banyak sekali yang dapat ditemukan di Google Schollar, mulai dari skripsi, tesis dan masih banyak lagi.

2. Jurnal Perpusnas

Kamu dapat mengakses jurnal nasional maupun internasional dengan cuma cuma alias gratis di e-resources.perpusnas.go.id. Klik link ini, cari jurnal sesuai kebutuhan. Namun, sebelum nya, kamu perlu registrasi terlebih dahulu.

3. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

Jurnal online LIPI dapat diakses secara gratis oleh masyarakat melalui link jurnal.lipi.go.id, jurnal yang disediakan dari berbagai lembaga pendidikan, lembaga penelitian dan banyak lagi.

4. Portal Garuda Publikasi Indonesia Index (IPI)

Indonesian Publication Index Situs ini menyajikan akses jurnal online yang dapat di download gratis, situs ini memiliki jurnal online lebih dari 5000 dari indonesia yang dapat diakses secara cuma cuma. Akses situs melalui link id.portalgaruda.org

5. Directory of Open Access Journals (DOAJ)

doaj.org sebuah website penyedia jurnal gratis terkenal yang memiliki lebih dari 20,000 jurnal. Kamu dapat menemukan berbagai artikel ilmiah disitus ini.

6. Citeseer

citeseer.ist.psu.edu adalah website peneyedia referensi jurnal online yang dapat didownload gratis dengan konsep seperti mesin pencari, mirip Googld Schollar. Situs ini menyediakan koleksi jurnal gratis. Koleksi seperti jurnal ilmu pengetahuan dan  komputer lebih banyak ditemukan disitus ini.

7. PubMed Central

ncbi.nlm.nih.gov/pmc merupakan salah satu situs penyedia jurnal gratis khusus untuk menampung jurnal ilmu biomedis dan ilmu alam. U.S. National Library of Medicine (NLM) yang mengembangkan Pubmed Central untuk menampung berbagai jurnal biomedis secara online.

8. Biomed Central

biomedcentral.com merupakan STM yaitu Science, technology and Medicine yang merupakan salah satu situs penyedia jurnal gratis dibidang obat dan biologi.

9. Economics

Situs economics-ejournal.org menyediakan jurnal akademik yang fokus terhadap jurnal ekonomi. Namun penggunaanya bersifat terbuka.

10. IOSR Journals

Situs yang bisa kamu akses di iosrjournals.org ini merupakan International Organization of Scientific Research dikelola oleh lembaga swasta independen. Situs ini menyediakan jurnal gratis. didedikasikan untuk mendukung para profesional dan peneliti yang bergerak dibidang pendidikan.

11. First Monday

firstmonday.org merupakan situs penyedia jurnal gratis. berbagai jurnal dengan isu kekinian dapat ditemukan disini.

12. Technology Innovation Management Review

timreview.ca menyediakan jurnal online gratis berkaitan dengan bisnis dan teknologi, untuk mendukung perkembangan bisnis teknologi agar lebih maju.

13. International Journal of U- and E- Service, Science and Technology

Website sersc.org/journals/IJUNESST menyediakan berbagai jurnal dengan ragam tema secara gratis. Mulai dari bisnis, pemerintahan, pendidikan hingga kesehatan.

14. Emerald Publishing Limited

Emerald Publishing Limited merupakan penerbit ilmiah buku buku akademis dan  jurnal dibidang manajemen bisnis, studi perpustakaan, teknik dan perawatan kesehatan. Situsnya bisa kalian akses melalui link emeraldgrouppublishing.com/products/journals/find-a-journal

Cara Download Jurnal dari ScienceDirect

Jika penjelasan sebelumnya merupakan cara mendownload Jurnal Gratis, kalian juga sebenarnya bisa mendownload jurnal premium dari sciencedirect secara gratis. Bagaimana caranya?

  1. Buka website sciencedirect.com
  2. Search judul atau topik jurnal yang ingin kalian download, ada beberapa filter search yang bisa digunakan, seperti Keyword, Penulis, hingga Topik.
  3. Jika sudah menemukan jurnal yang ingin di didownload, langkah selanjutnya kamu klik link Purchase PDF.
  4. Selanjutnya copykan link tersebut, dan buka website sci-hub.tw
  5. Kemudian paste link jurnal tadi di kolom yang tersedia di sci-hub.
  6. Klik Open dan jurnal akan terdownload secara otomatis.

Itulah cara mendownload Jurnal baik yang gratis maupun yang berbayar. Semoga tulisan ini bermanfaat, jangan lupa bagikan artikel blog ini ke temanmu ya!

Egi Andrea Digital Marketing yang sedang tertarik dengan SEO dan Blogging | Semoga tulisan saya bisa memberikan manfaat! blog.egiandrea(at)gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *