Egi Andrea Digital Marketing yang sedang tertarik dengan SEO dan Blogging | Semoga tulisan saya bisa memberikan manfaat! blog.egiandrea(at)gmail.com

Cara Mendapatkan Kartu Prakerja

1 min read

Cara Mandapatkan Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi/skill melalui bantuan biaya pelatihan yang diberikan oleh pemerintah kepada semua WNI yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah/kuliah. Pemerintah telah meluncurkan situs program Kartu Pra Kerja pada tanggal 7 April 2020. Laman untuk cara mendapatkan kartu Prakerja dapat di akses melalui link : prakerja.go.id, sedangkan laman untuk mendapatkan informasi Prakerja juga dapat di akses melalui prakerja.kemnaker.go.id

Peserta akan mendapat manfaat sebesar Rp 3.550.000/orang, rinciannya adalah bantuan pelatihan sebesar Rp1.000.000, insentif penuntasan pelatihan sebesar Rp 600.000/bulan selama empat bulan, dan insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 150.000. Lantas bagaimana cara mendapatkan kartu prakerja?

Berikut Cara Mendapatkan Kartu Prakerja :

1. Penginputan Data dan Seleksi Online

Pertama, calon penerima kartu prakerja harus mendaftarkan akun pada laman prakerja.co.id. Setelah memiliki akun di laman tersebut, pendaftar harus melakukan verifikasi KTP dan melengkapi data diri pada form yang sudah disediakan secara online atau disebut dengan formulir Prakerja.

Selain itu, bisa juga melalui petugas Pengantar Kerja di Disnaker yang nantinya akan mendampingi peserta untuk mendaftar melalui website secara kolektif dan melakukan seleksi online berdasarkan kemampuan dasar dan motivasi.

Proses pengecekan kelulusan sepenuhnya dilakukan secara daring/online. Calon peserta nantinya bisa mengetahui status kepesertaannya diterima atau tidak dengan melihat atau masuk ke dashboard akun yang telah didaftarkan.

2. Memilih Pelatihan yang disyaratkan Industri

Setelah di nyatakan lulus seleksi online, pendaftar akan mendapatkan Kartu Prakerja. Tahapan selanjutnya adalah memilih pelatihan dari layanan SISNAKER maupun layanan lainnya yang telah bekerjasama dengan layanan Kartu Prakerja.

Pada layanan yang disediakan oleh SISNAKER, pemilik kartu Prakerja dapat mengikuti pelatihan secara langsung atau offline. Dalam program ini, pemerintah turut menggandeng pihak swasta yang berfokus pada pelatihan digital demi menciptakan SDM unggul, Indonesia Maju.

Setelah memilih Jenis Pelatihan baik online maupun offline, selanjutnya kalian bisa membayar menggunakan saldo Kartu Prakerja, baik untuk pelatihan online maupun offline.

3. Mengikuti Pelatihan

Setelah Mendaftar dan Memilih Pelatihan, Tahap terakhir untuk menikmati manfaat dari Kartu Prakerja. Mengikuti pelatihan pun dapat dilakukan secara online maupun offline dan dapatkan sertifikat pelatihan dari lembaga. Silahkan sesuaikan jenis keterampilan yang diinginkan dan sesuai dengan minat serta kebutuhan pasar saat ini.

Platform Yang Mendukung Prakerja?

Pelatihan selain DISNAKER juga terdapat beberapa platform seperti :

Berikut beberapa poster program Kerjasama Kartu Prakerja :

Program Kerjasama Prakerja dari MyEduSolve
Program Kerjasama Prakerja dari Tokopedia
Program Kerjasama Prakerja dari Skill Academy

Apa Saja Manfaat Kartu Prakerja?

Dengan kartu Pra Kerja, penggunanya bisa mendapatkan pelatihan dan dana insentif selama program berlangsung.Walaupun saat ini masih banyak masyarakat yang masih salah mengartikan fungsi kartu Pra Kerja untuk menggaji pengangguran.

Artinya Kartu ini diperuntukan bagi yang belum bekerja danfungsinya sebagai penunjang selama proses membentuk keahlian diri sebelum terjun ke dunia kerja. Secara umum, manfaat dari Kartu Prakerja adalah :

  • Pelatihan
  • Sertifikat Pelatihan
  • Insentif

FAQ

Apa Syarat Penerima Kartu Prakerja dan Metode Pelatihan?

  • Warga Negara Indonesia
  • Usia minimal 18 tahun
  • Sedang tidak mengikuti pendidikan formal

Bagaimana jika Kartu Prakerja gelombang tidak ditemukan?

Itu artinya saat kami mendaftar tidak ada gelombang pendaftaran yang tersedia, kamu harus menunggu dan pantau terus dashboard Prakerja. Gelombang akan tampil di menu Dashboard jika tersedia.

Egi Andrea Digital Marketing yang sedang tertarik dengan SEO dan Blogging | Semoga tulisan saya bisa memberikan manfaat! blog.egiandrea(at)gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *