Egi Andrea Digital Marketing yang sedang tertarik dengan SEO dan Blogging | Semoga tulisan saya bisa memberikan manfaat! blog.egiandrea(at)gmail.com

Cek Kecepatan Websitemu!

4 min read

Mengecek Kecepatan website menjadi isu prioritas bagi para pemilik website. Termasuk pengelola blog seperti saya, toko online, website company profile, website forum dsb. Sebagai pengelola website tentu kamu harus selalu menge cek kecepatan website secara berkala agar mengetahui apakah website kamu sudah cukup cepat atau belum.

Untungnya saat ini tools untuk menge cek kecepatan website semakin banyak. Hal tersebut berdampak positif karena melakukan pengecekan kecepatan website tidak lagi menjadi sesuatu yang sulit. Artikel ini akan membahas mengenai pentingnya optimalisasi kecepatan website serta bagaimana mengecek kecepatan website kamu.

Kenapa Kecepatan Website itu Penting?

1. Berpengaruh terhadap Ranking Google

Kecepatan akses website sebagai salah satu faktor penentu dalam hasil pencarian Google. Tidak hanya untuk pencaharian desktop tetapi juga mobile, bahkan google punya penilaian tersendiri untuk kecepatan mobile. Istilah ini dikenal dengan Mobile Friendly. Inilah sebabnya sebagai pemilik website Anda wajib untuk memperhatikan kecepatan website Anda.

Website yang lambat akan memberikan efek negatif pada peringkat SERP (Search Engine Result Page). Pada tahun 2010 Google menyatakan bahwa kecepatan website menjadi salah satu faktor penentu rangking website di mesin pencarinya. Semakin cepat website diakses akan semakin bagus pula peringkat website tersebut pada mesin pencari google.

2. Mempengaruhi Pengalaman Pengunjung Website

Pernahkan kamu googling untuk mencari informasi, dan saat akan membuka website yang tercantum di Google kamu harus menunggu lama bahkan lebih dari 5 detik? Apa yang terjadi? Salah satu kemungkinannya adalah kamu akan menutup halaman tersebut dan mencari website baru yang tersedia di hasil pencaharian Google.

3. Berpengaruh terhadap Score Google Ads

Jika ada merupakan pengiklan di Google, tentu anda sudah paham bahwa score suatu website termasuk kecepatan merupakan faktor penentu posisi iklan di Google. Istilah ini dikenal dengan page score. Jadi jika kamu berencana untuk mengiklankan websitemu di Google Search, jangan lupa memastikan websitemu cepat.

Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Website

Beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan akses website :

  • Lokasi dan Jenis Server hosting yang digunakan
  • Ukuran file gambar, video atau file multimedia yang ada di dalam website
  • Penggunaan plugin yang terpasang di website biasanya terlalu banyak atau tidak optimal
  • Source Code yang digunakan tema meliputi HTML, CSS, JavaScript dan lain sebagainya.
  • Menggunakan WordPress versi Lawas (Untuk pengguna WordPress)
  • Pengunaan Theme WordPress yang salah atau error (Untuk pengguna WordPress)
  • Pemasangan Iklan yang terlalu banyak
  • Terakhir, Kecepatan koneksi internet pengguna.

Tools untuk Mengecek Kecepatan Website

Google PageSpeed Insight

Pada tahun 2010 Google secara resmi menjadikan kecepatan website sebagai salah satu indikator penilaian untuk SEO pada saat itu Google juga merilis Google PageSpeed Insight untuk membantu para pengelola website mengecek kecepatan website untuk perangkat desktop dan perangkat mobile.

Google menilai kecepatan loading website menggunakan skala 1-100. Nilai 0 sampai 49 persen menunjukkan websitemu lambat. Nilai 50 sampai 89 persen menunjukkan kecepatan websitemu sudah mencapai rata-rata. Terakhir, nilai 90 sampai 100 persen menandakan website kamu sangat cepat.

Selain itu, Google PageSpeed Insight juga akan memberikan saran atau suggest kepada kita untuk meningkatkan kualitas user experience di perangkat mobile.

Google Mobile Website Speed Testing Tool

Dengan berkembangnya jumah pengakses handphone, maka kenyamanan pengguna user mobile juga menjadi sangat penting. Bahkan saat ini Website ini 80% pengunjungnya berasal dari mobile.

Atas dasar tersebut, Google merilis Google Mobile Website Speed Testing Tool. Tool ini hampir mirip denganGoogle PageSpeed Insight, tetapi fokus untuk penilaian website di perangkat mobile.

Google Mobile Website Speed Testing Tool menilai kecepatan website dalam skala 0 sampai 100. Kamu bisa mendapatkan laporan kecepatan website bagi pengguna mobile serta memberikan saran-saran yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kecepatan website di perangkat mobile.

GTMetrix

GTMetrix juga merupakan salah satu tools gratis untuk mengetahui kecepatan website. Cara penggunaannya bisa dibilang cukup mudah dan tentunya gratis, sangat cocok untuk pemula. Tool ini menyediakan analisis lengkap kecepatan website berdasarkan rekomendasi dari Google PageSpeed Insight.

GTMetrix menampilkan ringkasan yang berisi page size, jumlah request, dan total waktu loading. GTMetrix juga menyediakan analisis untuk mengidentifikasi masalah apa yang Anda hadapi dan rekomendasi yang perlu dilakukan untuk mengatasi masalah di website kamu.

Chrome DevTools

Chrome DevTools merupakan tools yang dibuat oleh Google Chrome. Tool ini populer di kalangan developer karena kemudahan akses serta efektivitasnya untuk melakukan debugging dan uji coba.

Salah satu fitur terbaik Chrome DevTools adalah kemampuannya untuk memblokir request. Fitur ini berguna untuk menentukan berapa banyak overhead dari layanan dari pihak ketiga di website kamu.

Selain itu, tool ini juga terintegrasi dengan LightHouse yang merupakan software open source untuk meningkatkan kualitas halaman website. Lengkap juga ya!

WebPageTest

WebPageTest merupakan tools yang bersifat open source, tools ini memungkinkan kamu untuk melakukan tes kecepatan website dari beberapa lokasi di seluruh dunia menggunakan hanya dengan browser secara gratis.

WebPageTest juga menyediakan fitur tambahan seperti capture video, pemblokiran konten, perbandingan first view dengan repeat view, mengubah kecepatan koneksi, dan banyak lagi. Kelebihan dari WebPageTest adalah sudah mendukung HTTP/2 sehingga kamu bisa melakukan testing ke WordPress Hosting.

Web Page Analyzer

Web Page Analyzer adalah tool gratis yang sangat direkomendasikan untuk memeriksa kecepatan website dan komposisi website. Tool ini akan memberitahu Anda kecepatan website Anda pada kecepatan koneksi yang berbeda-beda. Web Page Analyzer juga menyediakan penilaian berdasarkan 11 aspek indikator di mana Anda bisa mendapatkan rekomendasi yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kecepatan website.

Pingdom

Pingdom adalah salah satu tools berbayar untuk monitoring website yang cukup terkenal saat ini. Tetapi Pingdom menyediakan free trial untuk penggunanya. Kliennya pun berasal dari perusahaan-perusahaan besar seperti Netflix, Mailchimp, Buzzfeed dsb. Salah satu fitur gratisnya adalah cek kecepatan website. Pingdom menilai kecepatan website menggunakan skala 0 sampai 100. Semakin tinggi nilai yang didapatkan menunjukkan kualitas kecepatan website Anda sudah baik.

Geek Flare

Geek Flare adalah website untuk mengecek kecepatan website gratis yang masih baru. Website ini memungkinkan kamu untuk mengecek kecepatan website baik di perangkat mobile maupun di perangkat desktop. Dalam hasil analisanya, Geek Flare bisa menjadi alternatif kamu untuk mengecek kecepatan website.

Selain tools diatas, sebenanrnya masih ada beberapa tools lagi yang bisa menjadi referensi seperti KeyCDN Website Speed Test, Load Impact dan Uptrend – Website Speed Test Silahkan kamu explore sendiri.

Tips Mempercepat Kecepatan Website

Lantas, selain menggunakan tools, ada cara yang sangat mudah untuk menilai kecepatan sebuah website. kamu bisa menggunakan patokan berikut untuk standart kecepatan sebuah website :

  • Kurang dari 1 detik = sangat baik
  • 1-3 detik = bagus atau diatas rata-rata
  • 3-7 detik = standart atau rata-rata
  • 7 detik keatas = buruk (perlu perbaikan)

Setelah mengetahui tools untuk mengecek kecepatan websitemu, serta mengetahui manfaatnya. Langkah terakhir yang harus kalian lakukan adalah mengoptimalkan kecepatan websitemu. Berikut tips untuk mempercepat kecepatan website :

1. Mengurangi Plugin yang tidak penting

Jika kalian menggunakan WordPress, ada baiknya kalian meninjau ulang plugin yang sudah terpasang atau diaktifkan. Jika dirasa tidak terlalu penting dan memberikan beban pada website kalian, plugin-plugin tersebut bisa kalian hapus. Gunakanlah plugin yang penting dan memberikan manfaat yang jelas di website kalian, bukan hanya plugin yang agar terliat keren tetapi justru mengurangin kecepatan website kalian. Yang perlu di diperhatikan, sebaknya gunakan plugin yang tidak banyak memuat script, tidak banyak request dan tidak menambahkan ekstra query kepada database.

2. Optimasi dan Kompres ukuran Gambar

Saat melakukan upload gambar, usahakan memilih gambar dengan berat dibawah 1MB saja. Jika lebih dari itu bisa dipastikan website kamu loadingnya lambat. Jika sudah terlanjur upload ke server hosting, kamu tidak perlu khawatir karena sudah ada beberapa tool yang bisa kamu gunakan untuk melakukan compress gambar menjadi ukuran lebih ringan.

Berikut Plugin yang dapat kalian gunakan untuk mengkompres ukuran gambar di website kalian dan sebaiknya gunakan salah satu saja.

3. Minify File CSS dan Javascript

Minify adalah proses menghilangkan karakter yang tidak dipergunakan dalam struktur kode. Jadi file kode menjadi lebih ringan dan bisa cepat dieksekusi, sehingga mempercepat loading website. JIka kalian tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai coding, kalian bisa menggunakan plugin Autoptimize, karena sangat mudah digunakan dan membutuhkan waktu yang tidak lama saat proses minify file kode.

Selain itu jika kalian pernah menggunakan tools dari pihak ketiga yang memasang kode di website, perlu kalian tinjau kembali apakah tools tersebut memberatkan atau tidak. Jika dirasa memberatkan, kalian bisa mencari alternatif lain atau bahkan menghapusnya.

4. Gunakan Hosting yang Stabil dan Cepat

Jika semua cara diatas sudah kamu lakukan dan ternyata masih sama saja, maka coba kamu cek apakah hosting yang kamu gunakan bermasalah atau tidak. Yang terakhir, alternatif jika kalian punya budget lebih atau sudah saatnya perpenjang hosting maka ada baiknya kalian mencari alternatif hosting yang cepat. Jika bermasalah segeralah pindahkan semua data website kamu ke penyedia hosting terbaik di Indonesia. Kalian bisa melihat review dan testimoni mengenai jasa penyedia hosting di Gooogle.

Egi Andrea Digital Marketing yang sedang tertarik dengan SEO dan Blogging | Semoga tulisan saya bisa memberikan manfaat! blog.egiandrea(at)gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *