Contact - blog.egiandrea(at)gmail.com

Cloud Computing untuk Perusaahaan? Pentingkah?

Semakin berkembangnya zaman membuat semakin berkembangnya pula teknologi, termasuk teknologi komputasi awan. Cloud computing atau komputasi awan adalah kunci untuk mengembangkan bisnis di dalam suatu perusahaan dengan cepat. Bahkan di Indonesia sendiri sedang dibangun data center milik Amazon yang nantinya diperuntukan sebagai komputasi awan Asia Pasifik.

Cloud computing adalah gabungan antara pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis Cloud atau Internet. Cloud Computing menjadikan internet sebagai pusat server dalam mengelola data.

Sistem ini memudahkan pengguna untuk login ke internet agar mendapatkan akses untuk menjalankan program atau aplikasi tanpa harus menginstall dan bisa diakses darimanapun.

3 Alasan Pentingnya Cloud Computing untuk Perusahaan

Namun, bukan berarti banyak dari kita yang sudah paham dan mengerti bagaimana peran komputasi awan pada perkembangan bisnis perusahaan. Simak poin-poin keuntungan penggunaan komputasi awan di perusahaan:

1. Efektivitas Biaya

Kini tidak perlu lagi mengeluarkan uang berlebih untuk menyimpan file dan dokumen! Perusahaan dapat menggunakan teknologi komputasi awan untuk dua hal tersebut. Jika dilihat dari segi biayanya, komputasi awan jauh lebih terjangkau dan hemat karena tidak ada biaya tambahan.

Misalnya Public Cloud, komputasi awan berjenis Public Cloud adalah komputasi awan yang layanan TI-nya dikirim melalui Internet. Layanan ini biasanya premium, gratis, atau berbasis langganan yang dikenakan biaya berdasarkan jumlah daya yang digunakan. Fungsionalitas komputasi dapat berkisar di layanan umum saja seperti email, aplikasi, dan penyimpanan.

2. Cepat dan Fleksibel

Untuk mempercepat laju pertumbuhan perusahaan, segala aktivitas perusahaan tidak bisa dilepas dari penggunaan internet. Dan komputasi awan merupakan salah satu teknologi yang dapat mengimbangi perkembangan perusahaan. Salah satu yang biasa perusahaan gunakan adalah Hybrid Cloud.

Infrastruktur komputasi awan campuran dari private cloud dan public cloud merupakan definisi dari Hybrid Cloud. Fleksibilitas yang mumpuni membuat komputasi awan jenis ini dapat menjalin kerjasama yang baik dan saling menguntungkan bagi dua pihak. Sehingga Hybrid Cloud dapat mempercepat laju pertumbuhan perusahaan.

3. Keamanan Terjamin

Tidak dapat dipungkiri bahwa keamanan data adalah salah satu hal yang krusial bagi suatu perusahaan. Dengan menggunakan komputasi awan, data perusahaan dan pribadi sudah dipastikan lebih terjamin karena sistem keamanan yang canggih.

Namun, Private Cloud lah salah satu jenis komputasi awan yang paling terjamin keamanannya karena hanya digunakan oleh satu organisasi. Sumber daya pusat data mungkin berada di lokasi atau dioperasikan oleh pihak ketiga di luar situs. Sedangkan, sumber daya komputasi diisolasi dan dikirim melalui jaringan pribadi yang aman dan tidak dibagikan dengan pelanggan lain.

Selain itu private cloud dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan bisnis dan keamanan unik organisasi. Dengan visibilitas dan kontrol yang besar ke dalam infrastruktur, organisasi dapat memaksimalkan mengoperasikan kerja IT tanpa mengorbankan keamanan dan kinerjanya.

Artikel ini di support oleh GoGetSnacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Informasi Terupdate Seputar Digital Marketing. GRATIS!
Join Grup Telegram