Contact - blog.egiandrea(at)gmail.com

Panduan Lengkap Email Marketing (Terupdate 2021)

Email adalah salah satu teknik marketing yang paling efektif di dunia digital saat ini. Email marketing adalah salah satu strategi online marketing yang sering dilakukan oleh berbagai bisnis termasuk para raksasa bisnis digital seperti Google, Facebook dan Amazon. Berikut Panduan Email Marketing 2020 untuk kamu yang tertarik dengan Email Marketing.

Apa itu Email Marketing?

Email Marketing adalah bentuk pemasaran yang menggunakan email sebagai sarana untuk mempromosikan produk atau layanan bisnis kamu. Email Marketing membantu membuat pelangganmu mengetahui update terbaru dari produk atau jasa terbaru dari bisnismu. Email Marketing juga menjadi cara untuk membuat pelanggan tetap mengingat brandmu.

Perkembangan Email Marketing

Email pertama kali dikrim pada tahun 1971 oleh seorang ahli komputer bernama Ray Tomlinson. Email yang ia kirimkan hanyalah serangkaian angka dan huruf, meskipun begitu, itu adalah awal dari era komunikasi baru yang saat ini kita kenal dengan email. Tomlinson juga yang memperkenalkan simbol “@” di alamat email.

Pada tahun 1978 Gary Thuerk, seorang ahli marketing mengirim email komersial pertama yang bertujuan agar orang tahu tentang produk barunya. Meskipun email list yang dimilikinya hanya 400, tetapi email yang dia kirim menghasilkan sekitar $ 13 juta. Pada tahun 90-an, cara orang berkomunikasi satu sama lain mulai berubah secara dramatis, dan semua orang menyadari bahwa email bisa menjadi teknik marketing yang efektif.

Apa Kelebihan Email Marketing?

1. Biaya yang relatif murah

Email marketing lebih hemat jika dibandingkan dengan Paid. Jika dalam proses Paid Marketing kamu akan ditagih sesuai dengan jumlah klik atau view, tetapi di email bisa hampir gratis. Hal ini membuat email marketing menjadi teknik promosi yang banyak digunakan para pengusaha.

2. Bersifat Personal

Dari segi biaya, email marketing juga dinilai lebih hemat jika dibandingkan dengan media promosi offline. Hal inilah yang menjadi pertimbangan cukup penting, sehingga bisa menekan biaya untuk kegiatan promosi.

Selain itu, respon dari pelanggan juga lebih tinggi jika anda menggunakan email marketing. Tak heran jika, penggunaan email marketing ini banyak dilakukan oleh para pengusaha.

3. Conversion Rate yang lebih tinggi

Tingkat respon email marketing juga lebih tinggi, hal ini semua orang saat ini memiliki email terlebih jika database email yang kita miliki terbilang valid atau merupakan database potensial.

4. Terbebas dari perubahan algoritma Google

Algoritma Google sering kali berubah, hal ini sering membuat pusing para praktisi SEO. Hal ini berbeda dari Email Marketing, cukup dengan database yang baik, maka proses email marketing dapat berjalan selama bertahun tahun dengan terus meningkatkan database.

5. Semua orang memiliki email

Saat ini semua orang pasti memiliki email, tidak hanya email personal tetap juga email bisnis. Setiap pesan yang dikirim akan langsung diterima di ponsel ataupun perangkat. Para pembisnis ataupun pekerja juga rutin membuka email mereka. Hal ini yang menjadi salah satu keunggulan email.

6. Customizable

Email memiliki berbgai jenis tampilan yang bisa di costume sesuai dengan jenis email serta audinece termasuk penyesuaian tampilan jika costumer kamu lebih banyak yang merupakan pengguna mobile ataupun desktop. Kamu juga dapat menyisipkan tombol Call to Action di setiap bagian emailmu untuk melihat karakter audience serta mengukur kesuksesan emailmu.

Tools Email Marketing

Ada banyak tools email marketing yang bisa kamu gunakan untuk membangun dan mengelola email marketing perusahaan atau produkmu. Tools ini terdiri dari versi gratis hingga berbayar. Berikut adalah beberapa email marketing tools yang bisa kalian gunakan!

1. Mailchimps

Mailchimp adalah salah satu penyedia layanan email marketing yang paling popular saat ini di dunia. Layanan ini menjadi favorit bagi para pemula hingga perusahaan besar. Mailchimp sangat efektif untuk Anda gunakan dalam memaksimalkan kegiatan email marketing karena terintegrasi dengan berbagai aplikasi, saya juga termasuk salah satu pengguna setia mailchimp beberapa tahun terakhir.

Mailchimp juga teringrasi dengan WordPress sehingga mudah digunakan untuk para blogger. Selain itu tersedia banyak template menarik yang sudah disediakan. Kamu bisa menggunakan MailChimp secara gratis jika email listmu sampai 2000, lebih dari itu kamu harus membayar.

2. Kirim.Email

Ingin menggunakan produk lokal? KIRIM.EMAIL mungkin bisa salah satu alternatif. Kirim.Email merupakan layanan email marketing lokal yang bisa dikatakan terbaik dan paling banyak digunakan di Indonesia. KIRIM.EMAIL sangat mudah digunakan termasuk untuk yang baru belajar email marketing.

Ada banyak fitur Kirim.Email yang bisa kamu gunakan secara gratis seperti broadcast email, autoresponder, landing page builder, drag and drop email buidler serta terintegrasi dengan banyak platform seperti Facebook Ads, WordPress dan WooCommerce. Biaya berlanggananya juga cukup murah mulai dari Rp3.300 per hari.

3. Hubspot

HubSpot adalah tools all-in-one marketing software yang bisa memberi kamu solusi untuk berbagai kebutuhan bisnismu. Hubshpot dibuat untuk memenuhi kebutuhan mulai dari perusahaan berskala kecil hingga perusahaan berskala besar sekalipun. Tidak hanya email, HubSpot juga membantu kamu mengoptimalkan SEO serta meningkatkan conversion ratemu. Hubspot memang berbayar tetapi rasanya harga yang ditawarkan juga sebanding.

Cara Membangun Email List

1. Contact Form

Contact form bisa kamu tempatkan di dalam websitemu ataupun di lua website. Contact form umumnya berada di website pada laman contact us atau about untuk memudahkan calon costumer mendapatkan informasi mengenai bisnismu.

2. Survei

Jika kamu mempunyai sosial media ataupun website, kamu bisa membuat survei sederhana yang berkaitan dengan bisnismu atau costumermu. Selain itu kamu bisa memberikan promo menarik untuk orang yang mengisi survei ini, agar lebih banyak orang yang mengisi survei ini. Jangan lupa minta mereka mencantumkan email untuk agar kamu bisa mengirimkan promo.

3. Data Pelanggan atau Costumer

Jika ternyata bisnismu telah berjalan dalam beberapa bulan atau tahun dan telah memiliki costumer, ada baiknya kamu mulai merapikan database email dan data lainnya. Database ini bisa digunakan kembali untuk menawarkan produk baru ataupun menawarkan promo untuk para costumer kamu.

4. Sosial Media Ads

Dengan menggunakan sosial media ads, kamu dapat memilih audience yang sesuai dengan target audience mu. Kamu dapat membuat iklan yang selanjutnya dialihkan ke landing page maupun ke form. Bisa dengan menawarkan promo ataupun ebook gratis.

5. Lead Magnet

Lead magnet adalah teknik memberikan produk berupa coupon, ebook, free trial dan sejenisnya dengan imbalan mereka akan memberikan alamat email mereka sebagai subscribermu. Kebanyakan lead magnet berupa produk digital seperti pdf yang bisa kamu buat sendiri tanpa biaya. Selain itu bisa berbentuk apa saja selama itu bernilai bagi pelanggan kamu namun gratis.

Report dan Analisa Email Marketing

1. Open Rate

Open rate merupakan pengukuran yang terutama digunakan sebagai indikasi sebarapa banyak orang melihat email yang kamu kirimkan. Hampir semua Penyedia Layanan Email menyediakan fitur ini.

Biasa ditampilakn dalam persentase dan dihitung dengan membagi jumlah pesan email yang dibuka dengan jumlah email yang dikirim. COntohnya jika kau mengirimkan 1000 email dan ada 200 yang membuka emailmu maka open ratemu sekitar 20%.

2. Opt-in

Opt In adalah teknik menambah contact list dalam email marketing melalui registrasi email yang dilakukan sendiri oleh pengujung website melalui contact form, survei maupun lead magnet. Sehingga kamu tidak perlu membuang waktu dan tenaga sebab mereka sendiri yang melakukan registrasi untuk mendapat kiriman email darimu. Opt In dibagi menjadi beberapa jenis, yakni Single Opt In, Confirmed Opt In, dan Double Opt In.

Pada Single Opot In, pendaftaran dan verifikasinya secara langsung tanpa konfirmasi. Confirm Opt In, pendaftar hanya akan mendapatkan email yang berisi link untuk unsubscribe. Sedangkan Double Opt In, ketika seseorang mendaftarkan diri untuk menjadi contact list kamu maka mereka akan dikirim email berisikan link verifikasi. Bila pendaftar tidak mengkonfirmasi link tersebut maka dianggap tidak jadi mendaftar contact list kamu.

3. Opt-out

Opt Out merupakan teknik untuk menambah contact list email. Pada teknik ini pengguna tidak perlu melakukan registrasi, hanya memberikan alamat email mereka dengan mengisi form atau memberikan contact mereka pada penyedia layanan website umumnya dalam bentuk newsletter.

4. CTA

CTA merupakan fitur yang dirancang untuk mendapatkan respons langsung dari orang yang membuka email. CTA di email merupakan salah satu indikator untuk menilai kesuksesan email. Biasanya CTA menggunakan button yang berisi kalimat persuasif, seperti Beli Sekarang, Cari Tau Lebih Lanjut atau Order Sekarang!

7. Bounce

Secara sederhana, Email Bounce artinya email yang kamu kirimkan tidak sampai ke inbox atau kotak masuk penerima. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal seperti, email yang tidak valid, emailmu dianggap spam, emailmu di blokir oleh penerima.

Bounce Email tidak boleh di biarkan karena akan memberikan dampak negatif untuk campaign kamu. Kamu harus menghapus email yang bounce ini setiap kali kamu selesai mengirimkan email.

Itulah panduan email marketing tahun 2020, tertarik untuk mencoba email marketing? Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Informasi Terupdate Seputar Digital Marketing. GRATIS!
Join Grup Telegram