Contact - blog.egiandrea(at)gmail.com
Finpedia Logo

Mengenal Finpedia, Cari Pinjaman Mudah dan Aman!

Di tengah kondisi yang tidak pasti seperti saat ini, banyak dari kita yang membutuhkan dana darurat untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Jika kamu sedang membaca artikel ini kemungkinan besar kamu juga sedang mencari pinjaman secara online dari berbagai pilihan bank dan lembaga keuangan yang terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). 

Banyak orang yang saat ini membutuhkan layanan untuk mengajukan pinjaman online. Kehadiran lembaga keuangan digital alias financial technology diapresiasi oleh banyak pihak termasuk menjadi solusi untuk keamanan data karena sudah dilindungi oleh OJK. Bagaimana tidak, dengan hanya dengan smartphone dan koneksi internet, kamu sudah bisa mendapatkan produk keuangan dengan mudah dan aman. 

Hal itu tentu saja membawa nilai tambah tersendiri bagi kelangsungan industri fintech, khususnya yang bergerak di bidang pinjaman online. Namun perlu pemahaman juga mengenai keamanan data, terlebih kasus beberapa tahun terakhir mengenai keamanan data cukup sensitif.

Tahukah kamu? Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga Januari 2021  terdapat 148 lembaga penyedia pinjaman online resmi dan terdaftar di OJK. Artinya, cukup banyak pilihan yang bisa kamu gunakan. Namun terlalu banyak pilihan juga sepertinya akan membuat kamu bingung bukan?

Finpedia
Finpedia

Finpedia merupakan aplikasi yang menyediakan jasa pencarian dan rekomendasi produk finansial bagi masyarakat di Indonesia. Kamu cukup mendownload aplikasinya melalui website maupun aplikasi seluler di Android, iOs maupun di website. 

Finpedia sendiri didirikan pada awal tahun 2020, Finpedia mengusung visi sebagai mitra finansial bagi seluruh masyarakat Indonesia. Finpedia berkomitmen untuk membuka akses keuangan kepada masyarakat umum dan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam rangka meningkatkan inklusi keuangan. Selain itu Finpedia tentunya juga sudah tercatat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor: S-225/MS.72/2020 dan Anggota dari Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH).

Secara umum Finpedia akan memberikan penjelasan masing-masing produk pinjaman dan perbedaannya jika dibandingkan dengan produk pinjaman lain, informasi mengenai syarat-syarat yang diperlukan ketika mengajukan kredit atau pinjaman. Di Finpedia, kamu juga dapat membandingkan bunga, tenor pinjaman, biaya-biaya untuk masing-masing produk pinjaman dari berbagai bank dan lembaga keuangan. Wow, rasanya akan ngebantu banget! 

Untuk memastikan setiap orang dapat memilih produk jasa keuangan dengan tepat secara informatif dan edukatif, Finpedia juga menyediakan informasi dan konten terkait setiap produk finansial yang jelas dan transparan. Sedangkan bagi penyedia produk finansial yang terdaftar di Finpedia, Finpedia menawarkan solusi pemasaran dan penjualan guna menjangkau dan melayani masing-masing target konsumen melalui platformnya. Sebuah solusi yang membantu berbagai pihak!

Layanan dan Fitur Finpedia?

Kamu sudah mengetahui layanan dan keamanan dari Finpedia, sehingga kamu tidak perlu khawatir. Selanjutnya, fitur apa saja yang disediakan Finpedia? Berikut penjelasannya!

Pinjaman Online

Pinjaman online merupakan jenis pinjaman yang diajukan secara online melalui aplikasi ponsel ataupun website, tanpa perlu tatap muka dengan pihak peminjam. Saat ini ada banyak penyedia layanan pinjaman online baik aplikasi maupun perbankan. Cara ini tentunya memberikan kemudahan dan kecepatan dalam proses pengajuan kredit.

Pinjaman online tumbuh sangat cepat di Indonesia. Kemudahan dan kecepatan yang ditawarkannya menjadi daya tarik utama karena dilakukan secara cepat, mudah, online dan tentunya tanpa tatap muka. Finpedia juga memberikan informasi mengenai penyedia layanan pinjam online dari berbagai pihak yang tentunya aman dan terjamin karena sudah dibawah naungan OJK. 

Berikut daftar layanan pinjaman online yang ada di Finpedia; IDANA, Fintopia, Akulaku, Finplus, KreditCepat, Danamas, One Hope, JULO, Adakami, Pinjam Indo, Uangme, Investree, PINJAM MODAL, Pintek, Danamart, Indodana, KoinWorks, Danadidik, UKU, Modalku, Kredito, Akseleran.

Kredit Tanpa Agunan

Kredit Tanpa Agunan (KTA) merupakan salah satu produk pinjaman yang memberikan fasilitas kredit tanpa membebankan calon peminjam untuk mempersiapkan aset atau barang untuk dijadikan jaminan atas pinjamannya.  Lantas bagaimana dengan pengambilan keputusannya? Dalam hal ini bank atau penyedia layanan Kredit tanpa agunan akan mengambil keputusan untuk pemberian kredit berdasarkan pada riwayat kredit dari pemohon kredit itu sendiri. Secara umumnya riwayat kredit dibangun pada saat kamu memiliki kartu kredit, kredit motor, kredit mobil atau atau cicilan lainnya yang terdaftar di Bank Indonesia.   

Berikut daftar layanan kredit tanpa agunan yang ada di Finpedia;  Standard Chartered, Tunaiku, BFI Finance, DBS, Bank Maybank, OCBC NISP, BCA, BRI.

Kredit Kendaraan Bermotor

Kredit Motor merupakan kredit atau fasilitas pinjaman yang tujuannya untuk membiayai pembelian motor. Biasanya surat dari kepemilikan kendaraan bermotor itulah yang akan menjadi jaminan.  Seperti kredit lainnya, riwayat kredit ini bisa didapatkan bila Anda sebelumnya sudah pernah mengajukan produk pinjaman atau keuangan seperti kartu kredit, KTA, KMG, atau KPR. Dengan memiliki riwayat kredit yang baik, tentu saja akan lebih mempermudah pengajuan kredit motor Anda. Untuk saat ini layanan kredit motor yang tersedia di Finpedia hanya dari Bank OCBC.

Kredit Pemilikan Rumah

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) merupakan suatu fasilitas kredit yang diberikan oleh perbankan kepada para nasabah perorangan yang akan membeli atau memperbaiki rumah. Di Indonesia, saat ini dikenal ada 2 jenis KPR. 

KPR Subsidi adalah suatu kredit yang diperuntukan kepada masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah dalam rangka memenuhi kebutuhan perumahan atau perbaikan rumah yang telah dimiliki. Ketentuan mengenai Kredit subsidi sudah diatur tersendiri oleh Pemerintah, sehingga tidak setiap masyarakat yang mengajukan kredit dapat diberikan fasilitas ini. Sedangkan KPR Non Subsidi, adalah KPR yang diperuntukan bagi seluruh masyarakat. Ketentuan KPR ditetapkan oleh bank, sehingga penentuan besarnya kredit maupun suku bunga dilakukan sesuai kebijakan bank yang bersangkutan.

Lembaga Keuangan untuk kredit pemilikan rumah di Finpedia, yaitu BCA, Bank Maybank, OCBC NISP, HSBC, dan BRI. 

Kredit Multiguna

Kredit Multiguna  adalah produk perbankan yang memberikan fasilitas pinjaman dimana peminjam (debitur) diharuskan untuk memberikan agunan atau jaminan. Dengan begitu, besarnya pinjaman yang dapat diperoleh disesuaikan dengan taksiran harga barang/properti yang dijadikan jaminan tersebut. 

Berbeda halnya dengan pinjaman kilat yang memiliki limit lebih kecil atau KTA dengan limit pinjaman berdasarkan kepemilikan kartu kredit, Kredit Multiguna (KMG) menentukan limit pinjaman berdasarkan nilai aset yang dijaminkan. Jadi semakin besar aset yang Anda jaminkan seperti rumah atau tanah, maka jumlah pinjaman yang didapat juga akan semakin besar. 

Lembaga Keuangan untuk kredit multiguna yang tersedia di Finpedia, yaitu BFI Finance, WOM Finance, Bank Index, dan Indorsurya Finance. Sementara itu jenis aset yang dapat dijaminkan seperti Motor, Mobil dan Properti. 

Pengajuan Kartu Kredit

Tidak hanya layanan diatas, Finpedia juga menyediakan layanan pengajuan kartu kredit dari berbagai perbankan. Hal ini tentu akan memudahkan kamu untuk memilih dan membandingkan keunggulan masing-masing kartu kredit. Tingkat kartu kredit yang tersedia mulai dari Classic, Gold, Titanium, hingga Platinum Signature. Sementara itu Lembaga Keuangan Kartu Kredit yang ada di Finpedia sangat beragam yaitu, Standard Chartered, BNI, HSBC, Bank Permata, Bank Mega, MNC Bank, Bank Mayapada, BCA, OCBC NISP, dan BRI.

Jadi bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk menggunakan Finpedia? Kamu bisa mengunjungi website https://www.finpedia.id/ atau mendownloadnya aplikasinya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapetin Insight seputar Digital Marketing & Sosial Media di Grup Telegram. GRATIS!
Join Grup Telegram
Total
0
Share