Egi Andrea Digital Marketing yang sedang tertarik dengan SEO dan Blogging | Semoga tulisan saya bisa memberikan manfaat! blog.egiandrea(at)gmail.com

25 Fitur Instagram Terbaru 2020

6 min read

Fitur Instagram Terbaru

Instagram saat ini telah menjadi salah satu Media Sosial yang memiliki fitur beragam dan termasuk yang cukup popular di Indonesia, bahkan data terakhir pada November 2019 mengungkapkan bahwa jumlah pengguna Instagram di Indonesia mencapai 60 Juta pengguna. Saat ini Instagram bisa di bilang sebagai Media Sosial yang wajib di miliki.

Berikut Fitur-Fitur Terbaru Instagram

1. Time on Instagram

Sering penasaran berapa sih waktu yang kalian habiskan untuk membuka aplikasi Instagram? Nah sebenanrnya Instagram sudah menyediakan fitur ini. Caranya gampang banget, masuk ke Setting -> Your Activity.

Selain itu kalian juga bisa mengatur Daily Reminder, dan akan mendapat notifikasi ketika kalian sudah menggunakan Instagram dalam waktu tertentu. Menarik untuk dicoba, terutama untuk yang ingin mengurangi waktu penggunaan Sosial Media.

2. Menghapus Followers

Pernah ingin menghapus seseorang dari daftar followers kalian? Caranya mudah banget.
Cukup buka profil Instagram yang akan kalian hapus dari daftar followers, lalu klik titik 3 dipojok kanan atas, setelah itu pilih remove followers! Done, kalian sudah menghapus orang tersebut dari daftar followers tanpa memblock.

3. Sortir Followers/Following

Penasaran siapa sih followers atau following pertama atau terakhir kalian? Nah di Instagram terbaru kalian bisa mengetahui hal ini tanpa aplikasi tambahan apapun. Caranya? Gampang banget.

Cukup masuk ke daftar Followers atau Following kalian lalu pilih sortir berdasarkan apa.

4. Dark Mode

Kalau fitur yang ini sepertinya sudah banyak yang tau, tapi untuk yang belum tau. Kalian bisa mendapatkan tampilan Instagram Dark Mode dengan mengatur setting Display Mode di smartphone kalian maka Instagram akan menyesuaikan tampilannya. Cocok banget untuk yang suka buka Instagram di malam hari, selain itu tampilan dark mode ini juga di percaya dapat membuat batrai smartphone kalian lebih hemat.

5. Email From Instagram

Pernah dapat email dari Instagram, tetapi kalian ragu apakah itu dari Instagram atau bukan? Sekarang kalian bisa mengecek email yang masuk resmi dari Instagram melalui aplikasi Instagram. Caranya juga cukup mudah. Buka Setting – Security – Emails From Instagram.

6. Hastag Insight

Jika selama ini kalian jarang menggunakan hastag, sebaiknya mulai pertimbangankan kembali. Instagram saat ini sudah menghadirkan fitur Impressions from Hastag sehingga kalian bisa mengetahui seberapa efektif penggunaan hastag yang kalian gunakan. Selain itu juga ada Impression berdasarkan Lokasi, yuk saatnya bereksperimen dengan hastag-hastag yang ada.

Untuk mengaksesnya cukup pilih menu insight dibawah postingan kalian. Pastikan kalian sudah mengubah akun menjadi akun bisnis ya!

7. Close Friend

Fitur ini sebenarnya sudah cukup lama tapi belum semua menggunakannya, padahal fitur ini bisa memudahkan kalian untuk meningkatkan privasi saat mengupload konten di Instagram. Kalian bisa memilih teman-teman tertentu untuk menjadi close friend kalian.

8. ALT Text

Instagram sebenarnya sudah menghadirkan fitur unik, namun kali ini fitur tersebut lebih dikhususkan untuk penyandang tunanetra ataupun yang punya keterbatasan visual waktu buka Instagram. Dalam Blog resmi Instagram, ada dua fitur yang dibuat, yaitu fitur automatic alternative text dan custom alternative text.

Dengan fitur Alt Text ini secara otomatis aplikasi akan membacakan tulisan yang dibaca oleh screen reader atau program bahasa yang biasa digunakan oleh orang-orang yang jarak pandangnya terbatas atau tunanetra. Fitur ini ada di menu Advance Setting sebelum kalian memposting sesuatu.

Wow memudahkan banget ya, dan sepertinya kalian bisa mulai mengaktifkan alt text terutama pada akun brand/perusahaan.

9. Share Post to Story

Ingin memprosikan postingan kalian ke story? Gampang banget.
Cukup klik tanda panah segitiga dibawah postingan kalian lalu pilih add post to your story. Selanjutnya kalian bisa mengkreasikan dengan gif atau tulisan menarik lainnya. Selamat berkreasi.

10. Multiple Story

Punya video lebih dari 15 detik namun ingin dimasuk ke story? Kalian bisa melakukannya otomatis di Instagram story tanpa perlu memotongnya di aplikasi. Cukup buka Instagram story, lalu pilih video kalian yang berdurasi lebih dari 15 detik. Instagram akan memotong story kalian menjadi beberapa bagian. Praktis banget kan?

11. DM (Direct Message) Filter

Mengecek pesan yang masuk di DM Instagram akan semakin mudah dengan menggunakan fungsi filter. Letaknya berada di sudut kanan kotak masuk DM. Fitur itu berguna untuk mengatur pesan dalam urutan yang belum atau sudah dibaca.

Jika mengaktifkan filter ini, kalian hanya akan melihat pesan yang belum dibuka di kotak masuk. Ini termasuk balasan dari followers yang kalian terima untuk pesan yang sudah dibuka dan direspon. Langkah ini akan mempermudah kalian dalam membalas sehingga tidak perlu mengecek satu persatu. Tertarik mencobanya?

12. About Your Account

Ingin mengetahui history pengguna Instagram? Mulai dari kapan dibuat, pernah menggunakan username apa saja dan account yang mempunyai followers yang hampir sama. Bisa!
Kalian bisa mengetahui About This Account dengan cara :

  1. Membuka Profil Instagram Target
  2. Lalu Klik Titik 3 dipojok kanan atas
  3. Pilih About This Account

Selain itu kalian juga bisa melihat informasi tentang akun kalian sendiri, caranya bisa lihat gambar dibawah. Mudah kan?

13. Tag Business Partner

Jika kalian merupakan akun bisnis, maka kalian bisa mentag Business Partner. Fungsinya adalah jika kalian memposting konten paid promote atau endorse di Instagram kalian bisa men-tag partner kalian.

Tetapi sebelumnya kalian perlu melakukan request, setelah di aprove kalian baru bisa menandai bisnis partner. Selamat mencoba!

14. Swipe Up

Pada tahun 2018, Instagram menghadirkan fitur Swipe Up Link pada Instagram Story. Hal ini memungkinkan followers untuk membuka website ataupun link langsung dari story Instagram. Namun tidak semua orang bisa menggunakan fitur ini, untuk menggunakan fitur ini ada 2 syarat yang harus di penuhi, yaitu :

  • Followers kalian mencapai 10.000
  • Akun Instagram kalian merupakan akun Bisnis

Jika kedua syarat diatas sudah kalian penuhi, maka saat mengupload story akan ada icon link di bagian atas Instagram story kalian. Selamat mencoba!

15. Shoppable Posts

Instagram shopping adalah fitur yang memungkinkan kalian memasukkan post yang mengandung tag produk di dalamnya. Pernah lihat ada akun Instagram yang post nya ada tag produk, dan saat kita klik di tag produk tersebut diarahkan ke website brand yang bersangkutan? Jika ya, itulah yang disebut dengan Instagram Shopping. Cara mengaktifkannya?

Namun tidak semua akun Instagram mendapatkan akses ke fitur ini. Saat ini hanya terbatas pada akun tertentu saja, dan terutama akun yang sudah memenuhi persyaratan untuk disetujui mendapatkan akses.

Instagram Shopping

16. Remove From Tag

Seringkali foto yang di tag oleh teman kalian merupakan foto yang kalian rasa kurang ganteng/cantik atau justru foto aib kalian. Tenang, kalian sebenarnya bisa menghapus tag akun Instagram kalian pada foto tersebut. Caranya pun cukup mudah, klik icon titik tiga pojok kanan foto tersebut, lalu pilih Tag Option -> Remove Me From Post.

Namun jika kalian tidak ingin menghapus tag kalian di foto tersebut, kalian bisa menghilangkannya dari tab Tagging di profil kalian. Cukup pilih Hide from My Profile. Selamat foto aib kalian berhasil dihilangkan dari profil Instagram.

17. Post Notification

Jika fitur itu sudah aktif, kalian bisa mendapat pemberitahuan setiap kali akun tersebut memposting. Tak heran jika banyak para pemilik akun Instagram mengajak follower mereka untuk mengaktifkan fitur baru itu.

Untuk mengaktifkan fitur itu, kalian cukup membuka postingan salah satu akun, lalu meng-klik titik tiga di sebuah postingan temanmu dan pilih perintah Turn On Post Notifications. Selamat mencoba!

18. Post You’ve Liked

Sering meng-like foto di Instagram? Tahukah kalian, jika kalian bisa mengetahui apa saja foto yang sudah kalian like di Instagram? Untuk yang belum tau, caranya cukup mudah loh. Masuk ke Setting – Account – Post You’ve Liked.

Post Youve Liked - Instagram Fitur

19. Unsend Direct Message

Pernah typo atau salah kirim DM di Instagram? Ternyata bisa unsend loh.
Yang membedakan dari fitur unsend Instagram dengan delete chat pada WhatsApp adalah tidak ada tanda dari pesan yang dihapus seperti pada Whatsapp.

Syaratnya, DM yang kalian kirimkan belum dibuka oleh penerima, sehingga kalian masih bisa menghapusnya tanpa jejak sebelum dibaca. Caranya pun cukup mudah, cukup klik tahan pesan yang ingin di unsend, lalu klik unsend.

Unsend Instagram - Fitur Instagram

20. Add Photo ke Story

Jika kalian pengguna Iphone, sebenarnya kalian dapat menambahkan beberapa foto sekaligus ke dalam Instagram story tanpa bantuan aplikasi apapun. Caranya cukup mudah, cukup copy image, lalu masuk ke Instagram story, lalu pilih text, klik tahan dan klik paste. Taraa, gambar muncul di Instagram story, silahkan ulangi jika ingin menambahkan beberapa foto.

Insert Image ke Instagram Story - Fitur Instagram

21. Data Download

Pada tahun 2018 Instagram merilis fitur Data Download, meskipun telah 2 tahun dirilis namun masih banyak pengguna yang belum tau fitur ini. Padahal pengguna Instagram bisa mengunduh dan mengekspor foto, video, Stories yang diarsipkan, profil, info, komentar, direct message, likes, serta nama followers dan following dengan sekali klik termasuk foto yang sudah di hapus loh! Keren kan?

Caranya muda, masuk ke Settings – Security – Download Data – masukan email dan request Download.
Setelah link download siap, kalian akan dikirimkan link download melalui email yang sudah kalian masukan sebelumnya. Selamat mencoba.

22. Request Verification

Tanda centang biru atau verified di Instagram sudah cukup popular saat ini, berfungsi untuk mengetahui keaslilan sebuah akun. Tapi taukah kamu bahwa saat ini kalian bisa melakukan request langsung kepada Instagram untuk meminta “tanda centang biru” kepada Instagram.

Lantas bagaimana caranya? Masuk ke Settings – Account – Request Verification. Selanjutnya lengkapi syarat yang di butuhkan. Sebagai catatan, Instagram juga menjelaskan bahwa dengan melakukan proses di atas, tidak menjamin akun kamu akan langsung mendapatkan tanda verifikasi.

23. Hide Story

24. Verifikasi 2 Langkah

Merasa khawatir Instagram kalian di hack? Ada langkah tambahan untuk mengamankan akun kalian. Yaitu dengan Verifikasi 2 Langkah. Dengan 2FA (Two-Factor Authentication), setelah memasukkan password untuk login, pengguna Instagram diharuskan memasukkan kode tambahan yang dikirim lewat SMS. Akun kalian pun jadi lebih kebal peretasan, tapi pastikan nomor handphone yang digunakan merupakan nomor yang aktif ya!

25. Least Interacted

Di Instagram saat ini kalian bisa mengetahui akun yang paling jarang berinteraksi dengan kalian dan juga menunjukkan kepada kalian siapa yang paling sering berinteraksi dengan kalian. Hal ini merupakan cara untuk membantu kalian menjaga feed tetap bersih dan relevan sehingga Instagram meluncurkan yang membagi daftar siapa yang kalian ikuti dalam beberapa kelompok, termasuk paling banyak dilihat dalam feed dan paling sedikit berinteraksi dengan kalian.

Update aplikasi Instagram kalian, lalu masuk ke menu following. Selanjutnya kalian akan melihat Least Interacted With dan Most Shown in Feed.

26. Quick Reply

Jika akun instagram kalian merupakan akun bisnis yang rutin menjawab pertanyaan dari pelanggan atau followers, terlebih jika pertanyaan merupakan pertanyaan umum yang sering ditanyakan. Sebaiknya kalian mencoba fitur yang satu ini.

Kalian dapat menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan seperti “buka jamberapa”, kapan produk ini tersedia”, bagaimana cara bayar” dan sebagainya. Sangat penting untuk merespon dengan cepat ketika banyak DM masuk di inbox Instagram. Kuncinya, untuk membantu mempercepat proses, kalian dapat membuat quick reply atau balasan cepat.

Quick Reply Fitur Instagram

Untuk menggunakan fitur ini di DM kalian, cukup klik tanda + di kanan bawah salah satu DM kalian. Lalu pilih quick reply. Selamat mencoba!

Egi Andrea Digital Marketing yang sedang tertarik dengan SEO dan Blogging | Semoga tulisan saya bisa memberikan manfaat! blog.egiandrea(at)gmail.com

One Reply to “25 Fitur Instagram Terbaru 2020”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *