Egi Andrea Digital Marketing & Digital Specialist - Pekerja Dunia Nyata, Pengangguran Dunia Maya.

5 Fitur Whatsapp Bisnis yang Wajib Kalian Coba!

2 min read

WhatsApp Bisnis adalah aplikasi whatsapp gratis yang memiliki berbagai fitur yang dibuat untuk penggunaatau pemilik usaha. WhatsApp menjadi salah satu layanan messenger paling banyak digunakan di dunia, baik untuk berkomunikasi hingga untuk keperluan bisnis. Melihat besarnya potensi dalam dunia bisnis, pada akhirnya WhatsApp pun merilis platform aplikasi baru yakni WhatsApp business.

WhatsApp Business hadir untuk membantu bisnis menengah dan besar memberikan dukungan pelanggan dan menyampaikan pemberitahuan penting kepada pelanggan. Tertarik untuk menggunakan Whatsapp Business?

Berikut 5 Fitur Whatsapp Business yang Wajib Kalian Coba :

1. Greeting Message

Pada fitur ini kalian bisa secara otomatis mengirim pesan ucapan kepada pelanggan baik berupa data form ataupun data lainnya sesuai dengan kebutuhan. Namun umumnya fitur ini digunakan untuk pengguna baru yang ingin terhubung dengan kalian saat pertama kali mengirim pesan kepada kalian, atau setelah 14 hari tidak aktif dalam obrolan mereka dengan kamu

Cara Mengatur Greeting Message : Settings > Business settings > Greeting message.

2. Label

Dengan menggunakan Label, kalian dengan mudah mengkategorikan berbagai jenis chat yang masuk. Dengan Labels, kamu bisa mengkategorikan pesan masuk tertentu sehingga komunikasi dengan konsumen lebih terorganisir.

Prinsip dari label ini adalah menandai dan mengkategorikan chat berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan oleh kita dengan menyesuaikan jenis label di menu Setting. Tujuannya supaya memudahkan kita melakukan follow up dan juga membedakan chat mana sudah melakukan pembayaran dan mana yang belum atau progres dari client tersebut.

3. Quick Replies

Punya banyak pertanyaan umum yang harus dijawab secara cepat? Dengan menggunakan fitur ini mungkin ini fitur yang sangat bermanfaat. Fitur WhatsApp Business bisa kita gunakan untuk menjawab pertanyaan berulang seperti :

  • Nomor Rekening
  • Cara Pemesanan
  • Spesifikasi Produk dan Harga

Untuk mengatur Quick Replies :

  1. Ketuk Tombol Menu > Setelan > Setelan bisnis > Balas cepat.
  2. Ketuk Tambah (+).
  3. Pesan teks atau lampirkan file media untuk balas cepat.
  4. Atur pintasan keyboard untuk balas cepat.
  5. Setel kata kunci untuk menemukannya dengan cepat. Catatan: Kata kunci akan berguna dalam penyortiran jika Anda memiliki beberapa balas cepat yang tersimpan di daftar Anda. Anda dapat menambahkan maksimal tiga kata kunci untuk setiap balas cepat
  6. Ketuk Simpan.

Untuk menggunakan balas cepat:

  1. Buka chat.
  2. Di bidang input teks, ketik “/” diikuti oleh pintasan untuk balas cepat yang telah disetel sebelumnya.
  3. Pilih balas cepat tersebut. Templat pesan akan mengisi bidang input teks secara otomatis.
  4. Anda dapat mengedit pesan atau cukup ketuk Kirim .

4. Catalog

Fungsi utama katalog di Whatsapp Business agar pemilik akun bisa menampilkan produk atau jasa yang mereka jual, sehingga konsumen yang ingin berbelanja dapat dengan mudah mengetahui dan memilih produk yang akan di beli.

Dengan membuat katalog, pengguna aplikasi WhatsApp Business dapat dengan mudah menampilkan dan membagikan produk dan layanan mereka kepada pelanggan. Katalog tersebut ditampilkan di profil bisnis.

Setiap produk atau layanan dalam katalog memiliki nama tersendiri serta bidang tambahan opsional seperti harga, deskripsi, tautan situs web, dan kode produk atau layanan. Pengidentifikasi ini memudahkan pelanggan untuk mengenali produk dalam katalog. Pemilik bisnis dapat mengunggah maksimal 500 produk atau layanan ke katalog.

Cara Menambah produk ke katalog Whatsapp:

  1. Buka aplikasi WhatsApp Business > Ketuk Opsi lainnya > Setelan > Setelan bisnis > Katalog.
    • Jika Anda membuat katalog baru, ketuk TAMBAH PRODUK ATAU LAYANAN.
  2. Ketuk ikon tanda tambah hijau, lalu Tambah Gambar.
  3. Ketuk Galeri untuk mengunggah gambar dari Foto Anda atau Kamera untuk mengambil gambar baru. Anda dapat mengunggah hingga 10 gambar.
  4. Berikan nama produk atau layanan. Anda juga dapat memberi detail opsional seperti harga, deskripsi, tautan situs web, dan kode untuk produk atau layanan yang diunggah.
  5. Ketuk SIMPAN.

5. Profil Bisnis

Profil bisnis memungkinkan Anda untuk menambahkan informasi mengenai bisnis Anda, seperti nama, alamat, kategori, deskripsi, email, dan situs web. Pengguna dapat melihat informasi ini dengan mudah ketika mereka melihat profil bisnis Anda.

Cara mengedit profil bisnis di Whatsapp :

  1. Buka WhatsApp Business > ketuk Opsi Lainnya > Setelan > nama bisnis Anda.
  2. Ketuk Edit.
  3. Ketuk bidang yang mana saja untuk memperbarui > Simpan.

Tertarik untuk menggunakan Whatsapp Business?
Kalian bisa mendownload di Playstore untuk pengguna Android dan Appstore untuk pengguna Iphone.

Egi Andrea Digital Marketing & Digital Specialist - Pekerja Dunia Nyata, Pengangguran Dunia Maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *