Contact - blog.egiandrea(at)gmail.com

8 Jenis Backlink di Website!

Untuk kamu yang sering berkutat di dunia digital marketing tentu kamu sering mendengar istilah backlink, apalagi jika kamu berencana untuk mengoptimalkan hasil pencaharianmu atau dikenal dengan Search Engine optimization (SEO). 

Backlink merupakan salah satu backlink faktor yang penting dalam proses SEO. Secara umum backlink merupakan tautan yang mengarah pada website. Backlink umumnya dapat disebarkan di berbagai website yang memiliki authority yang tinggi dan memiliki banyak visitor. 

Tetapi tahukah kamu ternyata tidak semua backlink dapat bermanfaat untuk websitemu, terutama jika backlink termasuk spam. Google saat ini terus memberikan update terbaru algoritma pencaharian yang juga mempengaruhi penggunaan backlink untuk mengoptimalisasi websitemu. Google sendiri merekomendasi formula EAT untuk optimalisasi SEO rank website. Untuk lebih lengkapnya kamu dapat membaca sendiri disini https://ahrefs.com/blog/eat-seo

Meskipun begitu, backlink saat ini masih dianggap penting untuk para SEO Specialist termasuk saya. Selain membuat artikel yang berkualitas dan memenuhi unsur EAT, backlink tampaknya masih memberikan dampak untuk meningkatkan peringkat artikel atau websitemu di pencarian google. 

Sehingga pemahaman terhadap backlink sangat penting untuk diketahui bagi para blogger dan SEO Specialist. Lantas apa saja jenis-jenis backlink yang bisa kamu gunakan dan terapkan untuk mengoptimalisasi SEO? Berikut penjelasannya!

  1. Backlink Contextual
    Kamu tentu sudah tau website UGC (User Generate Content) seperti Kompasiana, Kaskus, Medium, Quora dll. Kamu bisa mendapatkan backlink melalui platform ini, caranya adalah kamu menulis artikel yang sesuai dan relevan dengan topik yang ada di link yang kamu jadikan backlink. Atau kamu bisa mencantumkan link artikelmu sebagai referensi untuk pembuatan artikel di website User Generate Content. Cara ini layak kamu coba, tapi jangan sampai melakukan spam, buatlah senatural mungkin. 
  2. Backlink Profile
    Jika kamu mempunyai akun di sebuah website seperti kaskus, forum maupun sosial media tentu kamu akan melihat kolom link atau website yang bisa kamu gunakan. Backlink jenis profil ini menurut saya penting untuk meningkatkan authority websitemu di mata google. Selain itu kamu juga tentu bisa mendapatkan traffic dari orang yang mengunjungi profilmu. Jadi pastikan kamu tidak lupa untuk mengisi kolom websitemu ya!
     
  3. Backlink Comment
    Tentunya kamu sering mencari artikel di google dan menemukan sebuah postingan, termasuk postingan ini. Jika kamu melihat, beberapa website membuka kolom komentar untuk berinteraksi dengan pembaca. Namun beberapa diantara komentar tadi disisipkan link baik itu link menuju artikel yang relevan dengan tulisan itu maupun link spam. 

    Ini merupakan salah satu  jenis backlink, namun saya pribadi tidak menyarankan jenis backlink ini karena tidak memberikan manfaat yang berarti. Tetapi jika kamu rasa artikelmu memberikan solusi yang lebih lengkap, kamu bisa menambahkan linkmu di kolom komentar artikel tersebut dengan tujuan untuk membaca pengunjung website.
  4. Backlink Blogroll
    Ini merupakan jenis backlink yang menurut saya masih cukup efektif hingga saat ini. Dulu, teknik seperti ini banyak digunakan oleh para pencari digital marketer bahkan sebelum istilah SEO Specialist populer di Indonesia. Cara membuat backlink ini mudah, hanya menaruh link halaman website yang sudah di-list pada bagian sidebar. Kamu juga bisa bertukar backlink ini kepada sesama pemilik website. Namun saat ini  sudah banyak ditinggalkan, karena website atau blog saat ini cukup mengutamakan User Interface, yang juga punya pengaruh ke SEO. 
  5. Backlink Social Bookmark
    Jenis backlink ini masih cukup popular hingga saat ini, bahkan saya juga mengoptimalkan jenis backlink ini terkadang. Social Bookmarking berarti kamu menyimpan menandai dan menyimpan link artikel atau websitemu di social bookmarking sites adalah Reddit, Pinterest, dan Dig. Pinterest adalah salah satu platform yang cukup bagus, terutama jika artikelmu memiliki gambar ilustrasi atau infografis yang menarik. 
  6. Backlink Social Media
    Jika kamu sering melihat seseorang membagikan link website atau artikel di sosial media seperti facebook ataupun twitter maka itu sudah termasuk sosial media. Backlink ini sangat powerfull terutama jika postinganmu banyak dibagikan dan di share, selain mendapatkan backlink kamu juga akan mendapatkan traffic yang dikenal dengan istilah “sosial signal” yaitu traffic yang didapatkan dari sosial media. Seringkali artikel yang viral dan banyak dibagikan di sosial media akan mendapatkan ranking yang baik juga di pencarian google. 
  7. Backlink Document Sharing
    Kamu tentu sering mendownload sebuah dokumen pada website penyimpan dokumen seperti Google Drive, One Drive maupun website lainnya untuk penyimpanan dokumen.  Kamu dapat menempatkan linkmu pada dokumen berbentuk words atau pdf. Setelah itu, kamu hanya perlu mengunggah dokumen pada situs penampung dokumen, maka kamu akan mendapatkan document sharing backlink. Tetapi cara ini sangat tidak direkomendasikan karena dianggap tidak memberikan hasil yang baik dan dianggap sudah tidak relevan.
  8. Backlink Footer
    Sebelum memahami jenis backlink ini, kamu perlu tau apa itu footer pada website. Footer adalah bagian paling akhir atau bawah di website yang menampilkan informasi berupa kredensial contact ataupun link-link utama di website untuk bertujuan memudahkan pengguna untuk mendapatkan informasi mengenai websitemu. Pada bagian footer inilah seringkali dimanfaatkan oleh para blogger atau SEO Specialist untuk mendapatkan backlink terutama jika websitemu berafiliasi dengan website lain yang memiliki topik yang sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapetin Insight seputar Digital Marketing & Sosial Media di Grup Telegram. GRATIS!
Join Grup Telegram
Total
9
Share