Egi Andrea Digital Marketing yang sedang tertarik dengan SEO dan Blogging | Semoga tulisan saya bisa memberikan manfaat! blog.egiandrea(at)gmail.com

Mengenal Jenis-Jenis Iklan di Youtube

2 min read

Sering membuka youtube dan mendapatkan berbagai jenis iklan di Youtube? Situs web berbagi video yang beberapa tahun terakhir aktif digunakan oleh masyarakat di berbagai belahan dunia ini sudah menjadi semacam platform primer yang digunakan sebagai alternatif menonton hiburan selain televisi konvensional.

Tidak hanya untuk dikonsumsi, namun juga untuk keperluan produksi, semua orang bisa memproduksi dan membagikan videonya ke khalayak umum secara luas dan menjadi content creator, dalam hal ini, YouTuber, sebutan untuk orang yang memproduksi konten YouTube. Selain itu hampir semua video di youtube akan menampilkan berbagai jenis iklan.

Berikut Jenis-Jenis Iklan di Youtube

Untuk bisa mendapatkan iklan, seorang YouTuber bisa memanfaatkan program AdSense dari Google. Untuk bisa mendapatkan AdSense, YouTuber harus memiliki minimal 1.000 subscriber dan 4.000 jam tayang dalam 12 bulan terakhir. Konten video harus berdurasi minimal 30 detik agar layak menayangkan iklan video. Lalu seperti apakah jenis-jenis iklan yang ada di dalam sebuah video YouTube? Berikut jenis-jenisnya.

1. Iklan Video yang Bisa Dilewati (Skippable In-stream Ads)

Iklan ini adalah adalah iklan yang bisa dilewati penonton setelah 5 detik jika mereka menginginkannya. Iklan ini dapat disisipkan sebelum, selama, atau setelah video utama. Jika seorang YouTuber mengaktifkan opsi ini, kita mungkin akan melihat kombinasi iklan yang dapat dilewati beserta iklan bumper yang diputar berturut-turut. Iklan ini bisa ditayangkan di desktop, perangkat seluler, TV, dan konsol game.

2. Iklan Video yang Tidak Bisa Dilewati (Non-skippable In-stream Ads)

 Iklan ini harus ditonton sebelum video utama bisa ditonton. Iklan ini bisa muncul sebelum, selama, atau setelah video utama. Biasanya, iklan inilah yang paling tidak disukai dan dihindari oleh penonton YouTube karena dianggap mengganggu, terutama iklan yang durasinya panjang. Penayangan iklan ini bisa di desktop dan perangkat seluler.

3. Iklan Bumper

Iklan video ini juga termasuk ke dalam iklan video yang tidak dapat dilewati, yang berdurasi maksimal 6 detik dan harus ditonton sebelum video utama dapat ditonton. YouTuber menggunakan jenis iklan ini jika ingin menjangkau audiens secara luas dengan pesan singkat yang mudah diingat. Iklan ini bisa ditayangkan di desktop dan perangkat seluler.

4. Iklan Video Discovery

Iklan video discovery terdiri dari gambar thumbnail dari sebuah dengan beberapa teks. Meskipun ukuran dan tampilan persis iklan dapat bervariasi bergantung pada tempat kemunculannya, iklan video discovery selalu mengajak penonton agar mengklik untuk menonton video.

Video kemudian diputar di halaman tonton atau kanal YouTube. Iklan ini biasanya digunakan untuk mempromosikan konten video di tempat penemuan, termasuk di samping video YouTube terkait, sebagai bagian dari hasil penelusuran YouTube, atau di halaman beranda YouTube seluler. Iklan ini muncul bersama video YouTube terkait, di hasil penelusuran YouTube, dan di beranda YouTube seluler.

5. Iklan Outstream

 Iklan outstream adalah iklan khusus perangkat seluler dan hanya muncul di situs dan aplikasi yang berjalan di Google Video Partner. Iklan outstream tidak tersedia di YouTube. Iklan outstream dapat berjalan di berbagai penempatan seluler.

Untuk penempatan web seluler, iklan outstream muncul di banner. Pada aplikasi seluler, iklan outstream muncul di bannerinterstisial, dalam feed, native, serta dalam mode potret dan layar penuh. Iklan outstream mulai diputar dengan suara dimatikan.

Penonton dapat mengetuk iklan untuk membunyikan video. Iklan outstream dirancang untuk meningkatkan jangkauan video seorang YouTuber dengan biaya yang efisien.

YouTuber biasanya menggunakan iklan outstream jika mereka ingin memperluas jangkauan iklan video di seluler, sehingga membantu dalam menjangkau lebih banyak pelanggan.

6. Iklan Masthead

 Format iklan ini digunakan jika YouTuber ingin mendorong kesadaran akan produk atau layanan baru atau menjangkau audiens luas dalam waktu singkat (misalnya, acara diskon).

Itulah 6 jenis iklan video yang sering kita temui apabila kita sedang menonton sebuah video di YouTube. Jika anda berencana menjadi seorang YouTuber profesional, anda akan perlu mengetahui jenis-jenis iklan di atas.

Kelebihan Beriklan di Youtube

Lantas, kenapa Youtube menjadi salah satu platform yang efektif untuk beriklan. Berikut 4 kelebihan Youtube sebagai platform untuk kamu beriklan.

1. Menjangkau Audience Baru dan Tepat

Kamu bisa menentukan audience yang sesuai dengan iklanmu atau bahkan kamu dapat menentukan dijenis video seperti apa iklanmu dapat di tampilkan. Jika di televisi, iklanmu bisa ditonton oleh siapa saja yang kemungkinan besar bukan merupakan audiencemu sementara di YouTube, iklan hanya ditampilkan kepada pemirsa dengan wilayah, usia, jenis kelamin serta preferensi yang sudah kamu tentukan!

2. Kamu hanya membayar jika Videomu di tonton

Sebagai pengiklan kamu hanya perlu membayar jika iklan ditonton lebih dari 30 detik atau keseluruhannya (mana yang lebih singkat). Jika iklan kamu dilewatkan atau di skip, maka sebagai pemasang iklan kamu tidak perlu membayar. Jadi kamu tidak membuang uang iklan kepada orang-orang yang tidak tertarik dengan iklanmu.

3. Video memiliki Enggagement tinggi

Video saat ini adalah salah satu konten yang memiliki enggaement yang cukup tinggi, hal ini juga dipengaruhi jumlah youtuber dan pengguna youtube itu sendiri. Bahkan menurut We Are Social, Youtube adalah media sosial yang memiliki jumlah pengguna yang paling aktif yaitu 88%.

4. Pesanmu lebih mudah disampaikan

Beriklan di Youtube dapat membuat konten anda tersampaikan dengan baik. Selain itu video adalah salah satu media yang cukup efektif untuk menyampaikan pesan, pengguna tidak perlu membaca, cukup melihat maka pesanmu dapat tersampaikan

Egi Andrea Digital Marketing yang sedang tertarik dengan SEO dan Blogging | Semoga tulisan saya bisa memberikan manfaat! blog.egiandrea(at)gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *