Egi Andrea Digital Marketing yang sedang tertarik dengan SEO dan Blogging | Semoga tulisan saya bisa memberikan manfaat! blog.egiandrea(at)gmail.com

Kenapa Perusahaan Membutuhkan Digital Marketing?

1 min read

Digital Marketing

Ini mungkin menjadi pertanyaan beberapa orang, termasuk pemilik usaha yang saat ini menjalankan usaha secara konvensional yang ingin beralih ke Digital Perilaku konsumen di Indonesia saat ini semakin bergerak menuju ke arah digital termasuk untuk belanja dan melakukan berbagai hal hingga memasan makanan.

Melihat peluang potensi pertumbuhan pengguna Internet di Indonesia yang mencapai 64% dari jumlah penduduk dan naik 17% dari tahun 2019. Sehingga hal ini memberikan dampak dan menjadi penting bagi perusahaan untuk terus mengembangkan salah satunya dengan teknik Digital Marketing.

Kenapa Perusahaan Membutuhkan Digital Marketing?

1. Semua orang Online!

Termasuk Calon Pelangganmu, hampir semua orang mencari di google setiap hari, membuka sosial media, membaca berita dan melakukan banyak hal di Internet. Hal ini memudahkan kamu para pemilik usaha untuk menememukan calon pelangganmu.

Bahkan Blue Nile Research menunjukkan antara 82 persen konsumen di Amerika menggunakan pencarian di Internet untuk mengetahui informasi mengenai suatu produk. Jika kamu tidak terjun ke Digital Marketing, kamu mungkin kehilangan peluang untuk menjangkau lebih banyak pelanggan yang mungkin saja tertarik dengan produkmu.

2. Menjangkau Lebih Banyak Audience

Saat ini jumlah pengguna Internet mencapai 170 juta dan Tokopedia sebagai salah satu E-commerce terbesar di Indonesia memiliki lebih dari 90 juta pengguna. Digital Marketing memungkinkan kamu menemukan para pengguna internet yang sesuai dengan profil audiencemu, hal ini tentu akan memperluas jangkauan para pengusaha yang memulai bisnis online.

3. Mudah di Track dan di Monitoring

Salah satu keunggulan Digital Marketing adalah kamu mengetahui bagaimana cara untuk mengukur keberhasilan campaignmu secara real time dan akurat. Hal ini juga dapat memberikan kamu bahan evaluasi untuk campaign selanjutnya sehingga pemilik bisnis dan pemasar dapat menguji berbagai konten iklan untuk melihat apa yang paling sesuai dengan audiens. Sementara dalam marketing konvesional proses ini akan memerlukan waktu lebih lama dan mungkin akan menambah biaya.

Kemampuan untuk melacak dan memantau kesuksesan campaign Digital Marketing secara real time dan akurat membuat perusahaan dapat menentukan langkah selanjutnya bahkan saat campaign masih berjalan. Sehingga kamu bisa mengoptimalkan anggaran pemasaran dengan mengalokasikan lebih banyak anggaran pada teknik yang memberikan hasil terbaik.

4. Jenis dan Platform yang Beragam

Campaign Digital Marketing memberikan kamu pilihan untuk menentukan dimana campaignmu akan dijalankan seperti media sosial, blogging, google searh, pesan teks, display image, video, dan afiliasi. Kamu juga dapat dapat memberikan pengalaman yang lebih personal kepada pelanggan Anda dengan email marketing.

Visual yang digunakan juga beragam seperti gambar, infografis, video pendek, video story, bisa membuat audience berinteraksi langsung atau bertujuan untuk membuat audiens Anda mendapat informasi tentang produkmu. Kamu juga bisa untuk menghibur mereka dan meningkatkan brand awardness. Sebagai catatan, Cisco memperkirakan bahwa pada tahun 2020, sekitar 80% dari lalu lintas Internet akan berupa video.

5. Biaya Yang Lebih Murah

Salah satu manfaat dari Digital Marketing adalah harga yang terjangkau dan efektif bahkan kamu dapat menentukan biayamu sendiri. Kamu dapat memasarkan melalui email, media sosial, dan teknik SEO yang bahkan bisa dilakukan hampir tanpa biaya. Tidak hanya itu, Digital Marketing juga dipercaya memberikan ROI yang menarik.

Menurut hasil riset, biaya Digital Marketing 3 kali lebih kecil dari beberapa konvensional marketing sehingga pemilik bisnis dapat menghemat uang dengan menerapkan teknik Digital Marketing yang terjangkau untuk beberapa kampanye.

Egi Andrea Digital Marketing yang sedang tertarik dengan SEO dan Blogging | Semoga tulisan saya bisa memberikan manfaat! blog.egiandrea(at)gmail.com

One Reply to “Kenapa Perusahaan Membutuhkan Digital Marketing?”

  1. Mas Egi boleh minta rekomendasi buku untuk sosial media marketing khususnya yang mengulas instagram marketing?, saya ingin lebih banyak tau tentang sosial media marketing. terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *