Egi Andrea Digital Marketing yang sedang tertarik dengan SEO dan Blogging | Semoga tulisan saya bisa memberikan manfaat! blog.egiandrea(at)gmail.com

Pentingnya Konseling Kerja Bagi Karyawan Yang Bermasalah

1 min read

Seorang karyawan terkadang dituntut untuk dapat menjalankan pekerjaan dengan cepat dan cermat. Setiap hari, mereka dibebankan berbagai tugas yang berorientasi pada hasil. Namun terkadang, dengan tuntutan yang semakin tinggi, banyak karyawan yang mengaku jika gaji yang didapat tidak sesuai yang diharapkan.

Pada kasus-kasus seperti ini, karyawan seringkali merasakan stress dengan pekerjaannya. Alhasil, produktifitas kerja menurun dan mereka memilih untuk mencari pekerjaan lain yang dianggap lebih menjanjikan.

Dengan adanya kondisi seperti ini, konseling kerja merupakan salah satu saran yang tepat bagi karyawan menghadapi beban kerja yang dimilikinya. Karena sehat tidak hanya tentang fisik saja, disini perusahaan sebaiknya memikirkan lebih jauh lagi tentang kesehatan mental karyawannya.

Pemahaman Tentang Konseling Kerja

Sebelum kita lanjut, sebaiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu konseling. Konseling adalah bentuk pertolongan yang fokus pada kebutuhan dan tujuan individu. Didalam konseling, konselor memiliki peran membantu individu dalam memahami kebutuhannya dan memberikan bimbingann untuk mencapai suatu tujuan dengan lebih efektif.

Sedangkan konseling bagi karyawan adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan tatap muka atau daring antara konselor dan konseli. Disini konselor akan membantu konseli mengatasi setiap permasalahan yang dialami dalam pekerjaannya.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Golife.id, menyebutkan jika konseling kerja sangat ampuh untuk mendongkrak produktifitas karyawan yang menurun. Selain itu, konseling juga sangat ampuh untuk membantu karyawan mendapatkan kebahagiaan ditempat kerja.

Peran Konseling Online

Di era pandemi saat ini, banyak perusahaan yang merasakan kesulitan untuk memantau kinerja karyawan sejak dikeluarkannya peraturan bekerja dari rumah atau Work From Home ( WFH ). Para karyawan yang tidak terbiasa bekerja dari rumah memiliki masalah produktifitas dan kebahagiaan.

Berdasarkan laporan, tingkat stress karyawan di era pandemi saat ini meningkat sangat pesat. Sulitnya berinteraksi tatap muka dianggap sebagai salah satu penyebab meningkatnnya stress.

Konseling online menjadi opsi yang patut dipertimbangkan bagi perusahaan untuk tetap menjaga kesehatan mental karyawannya. Ada banyak layanan psikolog online yang bisa dicoba perusahaan. Selain lebih fleksibel, layanan konseling online lebih murah dibandingkan dengan layanan konseling konvensional.

Kesimpulan

Ditengah krisis pandemi yang melanda di indonesia, sebaiknya kita tidak hanya memperhatikan aspek kesehatan fisik saja. Kesehatan mental juga sangat penting untuk menjaga karyawan tetap produktif dalam bekerja.

Egi Andrea Digital Marketing yang sedang tertarik dengan SEO dan Blogging | Semoga tulisan saya bisa memberikan manfaat! blog.egiandrea(at)gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *