Mengapa Akun dan Postingan Instagram DIhapus?

Instagram merupakan sosial media yang memiliki lebih dari 1 miliar pengguna sekarang. Instagram diciptakan untuk menjadi ruang bagi para kreatif untuk berbagi foto dan pembaruan kehidupan mereka. Didesain untuk fotografi dan seni visual, Instagram benar-benar menjauh dari itu. Sekarang menjadi salah satu situs media sosial paling populer, yang berarti kadang-kadang bisa menjadi sangat jenuh dengan hal yang salah.

Untuk menjaga platform ini, Instagram memiliki beberapa aturan yang dikenal dengan community guidelines. Ini disebut pedoman komunitas Instagram. Namun, kita semua tahu bahwa itu bukan pedoman, karena jika kamu melanggar salah satu pedoman ini, akun kamu dapat di blokir atau dihapus secara permanen. Instagram ingin memastikan pedoman komunitas mereka membantu menjaga Instagram menjadi ruang yang aman dan otentik di mana setiap orang diperlakukan dengan hormat.


Melanggar Community Guidelines

Pedoman Komunitas Instagramn menetapkan beberapa kebijakan untuk apa yang boleh dilakukan dan tidak di Instagram, hal ini bertujuan untuk melindungi pengguna. Apa saja?

  1. Intellectual Property
    Memastikan kamu memiliki hak untuk memposting konten yang kamu bagikan. Jika pemilik konten asli maupun pengguna Instagram melaporkan kontenmu melanggar intellectual property, maka konten dan akunmu memiliki kemungkinan untuk di blokir bahkan di hapus.
  2. Appropriate Imagery
    Instagram tidak mengizinkan konten yang mengarah ke “pornografi” dengan beberapa pengecualian, seperti foto bekas luka pasca mastektomi dan wanita yang aktif menyusui. Serta dalam foto lukisan dan pahatan juga tidak masalah. Jadi jangan sampai kamu membagikan konten ini ya!
  3. Spam – Ini hal yang juga tidak diperbolehkan di Instagram, seperti membuat atau mengirimkan email, komentar, serta melike postingan secara masif dan terus menerus. Biasanya akan di
  4. Konten Ilegal – Instagram tidak mengizinkan dukungan atau pujian terhadap terorisme, kejahatan terorganisir, atau kelompok kebencian di Instagram. Menawarkan layanan seksual dan menjual senjata api dan obat-obatan terlarang juga dilarang.
  5. Hate Speech, Bullying and Abuse – Instagram akan menghapus ancaman kekerasan, ujaran kebencian, dan penargetan individu pribadi yang kredibel. Instagram juga tidak mengizinkan serangan atau pelecehan berdasarkan ras, etnis, asal negara, jenis kelamin, jenis kelamin, identitas gender, orientasi seksual, agama, kecacatan, atau penyakit.
  6. Self Injury – Instagram tidak mengizinkan komentar atau postingan yang dorongan orang untuk melukai diri sendiri, termasuk gangguan makan. Instagram tidak mengizinkan konten yang merujuk pada cedera diri dan gangguan makan jika bertujuan untuk menciptakan kesadaran atau dukungan penunjuk arah.

Menggunakan Bot

Jalan pintas yang banyak ditawarkan untuk meningkatkan interaksi dan followers adalah dengan menggunakan bot. Mesikipun cara ini sekarang sudah mulai ditinggalkan, karena hampir semua follower yang dibeli ternyata akun palsu yang tidak memiliki nilai apapun. Bot ini tidak hanya bertujuan meningkatkan follower tetapi juga bias berinteraksi dengan memberikan like dan komentar di akun instagram pengguna bot.

Tapi taukah kamu Ternyata menggunakan bots adalah tindakan yang melanggar ketentuan penggunaan Instagram yang sudah saya sebutkan diatas. Tindakan ini masuk kategori spam. Jika Instagram mengindikasi kamu menggunakan bot, maka Instagram bisa dan berhak memblokir akunmu sementara atau dikenal dengan Action Blocked Instagram, paling parah Instagram bisa menutup akun kamu secara permanen.

Login Dari Beberapa Alamat IP

Instagram memang memungkinkan kamu untuk masuk ke beberapa akun dan berganti akun dengan mudah, jadi kamu diizinkan untuk mengelola beberapa akun Instagram dari satu alamat IP.

Namun berbeda jika akun kamu diakses oleh banyak pengguna sekaligus, pernah kah kamu mendapatkan notifikasi jika akun kamu diakses oleh perangkat baru? Jika Instagram menganggap akun kamu dalam potensi bahasa karena diakses oleh banyak orang maka ada kemungkinan Instagram akan memblokir sementara akses akun Instagram kamu.

Penggunaan bot yang memerlukan akses login juga biasanya menjadi penyebabnya karena bot login dari IP server yang biasanya digunakan login ke pengguna bot yang lain.

Dilaporkan Oleh Pengguna Lain

Berapa report yang diperlukan untuk menghapus akun Instagram? Tidak ada angka pasti untuk ini, selain itu ada banyak faktor. Apakah pengguna melanggar ketentuan yang sudah disebutkan. Selain itu validasi report juga memerlukan waktu.

Faktanya ada kemungkinan Instagram menghapus akun hanya karena tiga atau empat report, terutama jika pengguna yang dilaporkan terbukti melanggar ketentuan. Satu-satunya dampak jika banyak pengguna yang melaporkan adalah mempercepat peninjauan keluhan. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *