Contact - blog.egiandrea(at)gmail.com

Update! Cara Join & Invite Clubhouse


Apa sih Clubhouse?

Clubhouse adalah social media berbasis audio, yang saat ini hanya tersedia bagi pengguna iOs. Dibuat pada tahun 2020, Clubhouse dengan cepat membangun reputasinya sebagai platform bagi orang-orang untuk bertemu, berbicara, dan berbagi ide melalui ponsel. Clubhouse memungkinkan orang untuk membuat dan bergabung dalam percakapan audio dengan pengguna lain.

Clubhouse saat ini hanya tersedia melalui invitation dari pengguna yang sudah bergabung. CEO Clubhouse Paul Davison mengatakan aplikasi ini akan tersedia bagi semua pengguna. Terlepas dari eksklusivitasnya, saat ini Clubhouse telah memiliki jutaan pengguna, banyak dari mereka adalah infuencer dari Silicon Valley dan industri hiburan termasuk Elon Musk yang disebut sebut berperan besar menaikan popularitas Clubhouse. Di Indonesia sendiri, sudah banyak Influencer, termasuk para penggiat sosial media dan pekerja dari industri kreatif yang bergabung.

Bagaimana Mendapat Invitation atau Undangan Clubhouse?

Yang paling banyak dicari saat ini adalah bagaimana cara daftar, join atau dan invite teman ke clubhouse?

  1. Download dan Sign Up di Aplikasi Clubhouse

    Langkah pertama, kamu wajib mendownload aplikasi Clubhouse dari Appstore. Setelah mendownload, kamu bisa langsung mendaftar dengan nomor ponsel dan memilih username.

  2. Meminta Invitation dari pengguna yang sudah bergabung.

    Saat ini hal yang paling banyak dicari adalah bagaimana cara mendapatkan akses Clubhouse. Sayangnya, Hingga saat ini akses Clubhouse masih terbatas, satu-satunya cara dengan di invite oleh seseorang yang sudah memiliki akun. Itupun terbatas, 1 pengguna hanya bisa menginvite 2 pengguna baru.

  3. Menunggu versi Publik tersedia

    Cara kedua kamu bisa mendownload aplikasi Clubhouse dan mendaftar dengan nomor ponsel yang kamu gunakan dan memasukkan username kamu dalam daftar tunggu agar tidak di claim oleh pengguna lain. Selanjutnya kamu perlu menunggu hingga versi public di rilis.

Tapi uniknya, Jika kamu sudah mendapatkan undangan dan bergabung di Clubhouse, maka kamu bisa mengundang 2 orang lain untuk bergabung begitupun seterusnya. Mirip konsep MLM memang haha.

Invitation Clubhouse | Sumber : askdavetaylor.com

Konsepnya Mirip Dengan Discord

Jika kamu adalah pengguna discord, seharusnya kamu tidak asing dengan konsep audio talk yang ada di Clubhouse. Tetapi ada beberapa perbedaan, salah satunya yaitu penambahan fitur “sosial media” yang memungkinkan kita untuk menampilkan profil.
Singkatnya, Clubhouse memungkinkan kamu membuat dan bergabung dengan “room”, tempat kamu kemudian bisa mengobrol dengan orang lain secara real-time. Tidak ada gambar, video, atau bahkan teks – hanya audio. Pengguna dapat bergabung dan meninggalkan panggilan kapan saja.

Tampilan Utama Aplikasi Clubhouse dan Tampilan Profil Pengguna

Peran Moderator dan Speaker

Bagi kamu yang belum bergabung, mungkin akan membayangkan bagaimana jadinya bisa ada ratusan orang yang tergabung dalam satu “room” audio? Disinilah peran Moderator dan Speaker. Moderator berperan sebagai “Admin” yang mengatur siapa saja yang bisa “naik panggung” untuk menjadi Speaker dan sebaliknya. Tanda Panah hijau pada gambar dibawah menandakan bahwa mereka adalah para moderator yang mengatur jalannya diskusi di dalam room.

Tampilan Room di Clubhouse

Kemana Arah Clubhouse?

Clubhouse membangun reputasinya sebagai Sosial Media “baru” dengan membawa nama-nama besar seperti Elon Musk, dan banyak selebriti lainnya. Bahkan baru-baru ini Elon Musk mengajak Presiden Rusia Vladimir Putin berdiskusi di Clubhouse.

Aplikasi ini dianggap sebagai kebutuhan pokok di Silicon Valley. Itu bahkan memperoleh pendanaan lebih dari $ 1 miliar, meskipun didirikan kurang dari setahun. Clubhouse memiliki rencana untuk berkembang lebih jauh, dan beberapa media besar seperti bloomberg menuliskan Clubhouse sebagai penguasa sosial media selanjutnya.

Ada pula rencana bagi pengguna menghasilkan uang melalui aplikasi ini, mengadakan acara, dan menerima tips. Siapa yang tahu? Biar waktu yang menjawab, bagaimana platform ini akan berkembang.

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apakah Pengguna Android bisa menggunakan Clubhouse?

Hingga saat ini hanya pengguna iOS yang dapat menggunakan clubhouse, namun Founder Clubhouse mengatakan akan tersedia segera untuk pengguna android dan di Playstore (Apk).

Bagaimana cara mendapat invitation di clubhouse?

Hingga saat ini, satu-satunya cara adalah dengan di undang/invite oleh pengguna yang sudah memiliki akun.

Saya sudah daftar Clubhouse tapi tidak bisa login?

Artinya kamu belum mendapatkan invitation dari pengguna yang sudah memiliki akun di clubhouse.

Apakah clobhouse mirip discord?

Sedikit mirip dari penggunaan Audio sebagai cara utama untuk berkomunikasi, tetapi ada fitur profil dan room publik.

Kenapa clubhouse tidak ada di Appstore?

Kemungkinan besar karena kamu pengguna iOS 12. Saat ini Clubhouse hanya tersedia untuk pengguna iOS 13 keatas.

Apa yang dibutuhkan untuk mendaftar Clubhouse?

Saat ini kamu membutuhkan perangkat Iphone untuk mendownload Aplikasinya dan Nomor Handphone yang aktif untuk registrasi.

Berapa Jumlah Maksimal Kapasitas Room di Clubhouse?

Saat ini Clubhouse membatasi maksimal 6.500-7.000 pengguna dalam 1 room.

Bagaimana cara Join Clubhouse tanpa invite?

Sayangnya, untuk saat ini belum bisa.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapetin Insight seputar Digital Marketing & Sosial Media di Grup Telegram. GRATIS!
Join Grup Telegram
Total
21
Share