Egi Andrea Digital Marketing & Digital Specialist - Pekerja Dunia Nyata, Pengangguran Dunia Maya.

Cara Mendaftarkan Tempat Bisnis di Google Maps!

1 min read

Pernah mencari suatu tempat di Google Maps? Jika Pernah, kamu seharusnya sadar bahwa ini adalah peluang yang baik untuk mempromosikan bisnismu melalui layanan Google secara GRATIS!

Hasil pencaharian Cafe di Jogja

Google My Business atau Google Bisnisku adalah sebuah layanan Google yang memungkinkan kamu untuk membuat dan mengelola bisnis di Google Maps secara GRATIS. Di Google Maps agar orang-orang dapat melihat bisnis Anda ketika mereka melakukan penelusuran lokal. Contohnya pada pencaharian diatas, ketika mencari Cafe di Jogja maka akan muncul beberapa tempat yang popular di sekitarmu.

Secara sederhana, Google Bisnisku membuat Bisnismu dapat terlist di Google Maps ataupun di Pencaharian Google serta memungkinkan orang atau pelanggan untuk menhubungimu secara langsung dari informasi yang kamu sediakan di Google Bisnisku. Dengan Google Bisnisku, Anda juga dapat menambahkan informasi bisnis yang dapat muncul di Google.com, Google Maps, dan Google Earth saat seseorang menelusuri nama atau kategori bisnis Anda.

Apa saja Manfaat Google Bisnisku?

1. Mengelola dan Membagikan Informasi Bisnismu

Jika kamu mencari informasi mengenai nomor telepon, serta alamat lengkap serta jam operasional suatu tempat maka Google Maps adalah salah satu paltform terbaik. Umumnya pemilik bisnis akan melengkapi informasi mengenai bisnisnya agar mudah diketahui oleh calon pelanggan.

2. Menerima Review dan Berkumunikasi langsung dengan Pelangganmu

Jika kamu membuat profil untuk Google Bisnisku, maka orang lain atau pelangganmu bisa memberikan review mengenai bisnismu. Selain itu jika review positif hal ini akan semangkin meyakinkan orang lain untuk menggunakan produk atau jasamu.

Selain itu Google Bisnisku juga menyediakan fitur chat, yang memungkinkan calon pelanggan untuk menghubungi kamu melalui chat. Tantunya kamu harus mendownload aplikasi Google Bisnisku di Play Store atau App Store agar bisa menggunakan fitur ini.

3. Bisnismu di Promosikan Oleh Google secara Gratis

Pernah mencari beberapa tempat yang sejenis di Google Maps? Seperti contoh pada gambar diatas. Jika sesorang mencari informasi mengenai catering di Banten maka akan muncul beberapa tempat yang terdaftar sebagai tempat catering di serang akan muncul. Jangan sampai kelewatan kesempatan ini, bisa jadi salah satu pelanggan akan menemukanmu melalui Google Maps Search ini.

4. Memudahkan Pelanggan untuk mengetahui Lokasi Bisnismu.

Jika tempatmu telah terdaftar di Google, kalian bisa mengarahan pelanggan ke lokasimu dengan membagikan lokasimu di Google Maps. Saat ini hampir semua smartphone memiliki aplikasi Google Maps sehingga hal ini tentu akan memudahkan pelanggan kalian. Selain itu juga hal ini bisa kalian manfaatkan untuk layanan Gojek atau Grab karena kedua aplikasi ini menggunakan maps dari Google sehingga lokasimu juga akan terdaftar d kedua aplikasi ini.

Egi Andrea Digital Marketing & Digital Specialist - Pekerja Dunia Nyata, Pengangguran Dunia Maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *