Egi Andrea Digital Marketing & Digital Specialist - Pekerja Dunia Nyata, Pengangguran Dunia Maya.

Mengenal Paid Promote & Endorse di Instagram

2 min read

Perkembangan Social Media Marketing saat ini cukup pesat, tidak hanya menggunakan dengan akun Social Media Official milik brand, tetapi juga melalui promosi berbayar di akun influencer. Praktik ini sering di sebut dengan istilah Paid Promote atau Endorse. Metode Paid Promote atau Endorse ini sering dilakukan pada platform Instagram namun seiring dengan perkembangan saat ini juga banyak dilakukan di social media lainnya.

Paid promote dan endorse yang sering dilakukan di Instagram, pada umumnya sama-sama bertujuan untuk untuk mengenalkan dan menawarkan produk atau jasa kepada followers. Metode yang digunakan juga bisa dengan hard selling ataupun soft selling tergantung jenis campaign dari klien.

Selain itu setiap influencer juga menggunakan sistem yang berbeda-beda, ada yang memproduksi konten promosi untuk diposting di social media mereka, dan ada juga yang hanya sebatas memposting.

Pengertian Paid Promote

Paid promote adalah aktifitas promosi menggunakan influencer di social media yang menggunakan sistem pembayaran menggunakan uang atas jasa promosinya. Penyedia jasa ini biasanya adalah akun-akun Instagram yang memiliki jumlah follower melimpah, entah milik artis (publik figur), selebgram atau lainnya. Sementara itu pengguna jasanya adalah para pemilik bisnis atau dari kalangan online shop yang menginginkan produknya untuk dipromosikan.

Beberapa influencer sudah menerapkan tarif untuk jasa promosi mereka untuk sekali post atau pun secara paket. Tarifnya sih macam-macam, tergantung dari jumlah followers dan jumlah engagement mereka. Semakin tinggi jumlah followers, dan engagementnya maka semakin tinggi pula tarif promosi yang ditawarkan.

Kelebihan Paid Promote

  1. Lebih mudah karena tidak ada pengiriman produk atau penggunaan jasa, Influencer cukup menerima konten yang sudah di sediakan lalu mempublikasikan ke akun social medianya.
  2. Proses bisa berlangsung cepat karena tidak ada pengiriman produk serta tidak ada masa tunggu untuk influencer mencoba produk/jasa.

Kekurangan Paid Promote

  1. Kurangnya kepercayaan audience atau follower karena tidak ada unsur testimoni yang kuat dari Influencer.
  2. Biaya sepenuhnya dalam bentuk uang sehingga pemilik produk/jasa harus membayar penuh
  3. Biasanya influencer menerapkan batas waktu postingan akan dipertahankan di akun mereka.

Pengertian Endorse

Endorse adalah kegiatan promosi layaknya Paid Promote tetapi menggunakan sistem pembayaran ditambah dengan review produk atau barter. Jika paid promote influencer hanya menerima konten, beda halnya dengan endorse. Influencer biasanya menerima produk atau timbal balik selain uang walaupun ada beberapa yang juga dengan tambahan fee berupa uang.

Umumnya sistem endorse sangat sederhana, produk klien dikirimkan kepada influencer untuk ditukar dengan aktifitas promosi di akun influencer. Pemilik produk/jasa menginginkan produknya digunakan dan dijadikan konten promo agar terlihat lebih natural dimata konsumen.

Untuk mekanisme penentuan harganya biasanya jika influencer menerapkan tarif 1.000.000/post, maka klien harus menyediakan produk senilai dengan tarif yang ditetapkan. Sebagai contoh jika produk adalah jam tangan yang dijual dengan harga 500.000/ pcs, maka untuk mendapatkan 1x posting promo di akun influencer, pemilik produk harus menyiapkan minimal 2 jam tangan untuk influencer tersebut sekaligus sebagai konten. Kasus diatas hanya contoh, dalam praktiknya sering kali berbeda sesuai dengan kesepakatan keduabelah pihak

Kelebihan Endorse

  1. Tingginya kepercayaan audience atau follower karena ada unsur testimoni yang kuat dari Influencer.
  2. Pemilik produk/jasa bisa melakukan negosiasi untuk meminimalisir pembayaran dalam bentuk uang dan bisa digantikan dalam bentuk produk/jasa.
  3. Karena berupa konten yang berkaitan dengan influencer ataupun menampilakn influencer itu sendiri, biasanya postingan endorse tidak akan dihapus.

Kekurangan Endorse

  1. Memerlukan waktu yang lama karena terdapat proses pengiriman produk atau mencoba jasa yang ditawarkan.
  2. Memerlukan effort lebih untuk menyesuaikan produk/jasa dengan keinginan influencer.

Kesimpulan

Baik Endorse ataupun Paid Promote saat ini cukup banyak digunakan oleh pemilik brand, jika kamu bingung menggunakan salah satunya. Sebaiknya pertimbangkan beberapa penjelasan diatas serta faktor lain yang seperti goal apa yang diinginkan, waktu yang tersedia, jenis produk/jasa serta yang tidak kalah penting adalah menentukan siapa influencer yang akan diajak bekerjasama.

Egi Andrea Digital Marketing & Digital Specialist - Pekerja Dunia Nyata, Pengangguran Dunia Maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *