Contoh Soal & Materi CPNS 2021 Terlengkap!

Sebentar lagi CPNS akan dibuka, apakah kamu sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti proses CPNS. Tidak hanya berkas dan dokumen, ada hal lain yang harus kamu persiapkan yaitu kemampuan mengerjakan soal-soal CPNS. Kamu bisa membiasakan diri di waktu luang dengan mengerjakan dan mempelajari berbagai soal TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), TIU (Tes Intelegensi Umum) dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi).

Kumpulan Modul Pembelajaran CPNS

Sebelum mempelajari lebih jelas mengenai 3 jenis soal CPNS yaitu TWK, TIU dan TKP, berikut beberapa modul yang telah di susun oleh para ahli. Modul ini merupakan rangkuman yang memudahkan kamu untuk mempelajari dan memehami materi tes CPNS 2021.

Password Modul : BismillahLulus

Soal TWK (Tes Wawasan Kebangsaan)

TWK adalah tes yang bertujuan untuk menguji wawasan dan pengetahuan para calon ASN tentang Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, Nasionalisme, Bahasa Indonesia, serta pengetahuan mengenai pilar negara. Lantas, apa saja materi dan bagaimana contoh soalnya?

Soal TIU (Tes Intelegensi Umum)

TIU adalah tes yang bertujuan untuk menguji kemampuan para ASN mengenai verbal, logika, numerik, serta analisis-analisa. Secara garis besar, tes ini merupakan pengembangan dari bidang ilmu Matematika dan Logika. Lantas apa saja yang perlu dipelajari dan bagaimana contoh soalnya?

Soal TKP (Tes Karakteristik Pribadi)

TKP adalah tes yang bertujuan untuk mengetahui karakter psikologimu, dalam hal ini berkaitan dengen kondisi psikologi dan keperibadianmu. Jika kamu pernah melamar pekerjaan dan diminta untuk menyelesaikan Psikotest, secara umum hampir sama. Berikut materi yang mungkin bisa kamu pelajari dan contoh-contoh soalnya!

Syarat Pendaftar CPNS 2021

Jika kamu sudah tertarik mengikuti Seleksi CPNS 2021, ada baiknya kamu mengingat kembali syarat-syarat pendaftar CPNS 2021, sebelum kamu mempelajari soal dan materi seleksinya. Berikut syarat lengkap rekrutmen CPNS 2021 dan PPPK dikutip dari detik.com

  1. Peserta harus berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun saat melamar. Kecuali jabatan tertentu, paling tinggi 40 tahun.
  2. Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindakan pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih.
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, TNI, anggota kepolisian atau pegawai swasta.
  4. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI atau anggota kepolisian.
  5. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik.
  6. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai persyaratan jabatan.
  7. Sehat jasmani dan rohani sesuai persyaratan.
  8. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.
  9. Persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh PPPK.

Program Belajar AYOCPNS

Jika kamu ingin meningkatkan latihan dan kemampuanmu, saya punya saran website untuk kamu melatih kemampuanmu, yaitu ayocpns.com. Disana kamu bisa mendapatkan latihan soal dengan mendaftar secara gratis loh, selain itu ada Ujian Rutin, serta pertemuan interaktif serta Simulasi Ujian. Daftar Disini : ayocpns.com

Jika kamu ingin berlangganan, kamu juga bisa menggunakan code promo : EGIANDREA

Itulah dia beberapa contoh Soal dan Materi CPNS 2021, jika kamu ingin mengikuti merasa artikel ini bermanfaat, silahkan membagikan artikel ini keteman dan saudara kalian agar bisa mempersiapkan proses seleksi CPNS 2021. Semoga berhasil!

1 comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *