Egi Andrea Digital Marketing yang sedang tertarik dengan SEO dan Blogging | Semoga tulisan saya bisa memberikan manfaat! blog.egiandrea(at)gmail.com

Tips Memotret Candid untuk Pemula

1 min read

Memotret candid terkadang kegiatan yang menyenangkan terutama untuk pemula. Hasil foto yang dihasilkan terlihat lebih natural dan ada kepuasan tersendiri saat mendapatkan momentum atau ekspresi orang yang pas dan menarik.

Mungkin kalian sudah sering melakukan foto candid baik dengan menggunakan kamera ponsel maupun kamera. Bagi yang belum terbiasa, foto candid memiliki tantangan tersendiri. Untuk memotret model candid sebenarnya sulit sulit gampang, karena saat ini kamera sudah lumayan canggih bahkan bisa menggunakan smartphone. Agar hasil bisa maksimal kita bisa mencoba beberapa tips berikut ini

Agar maksimal dalam memotret candid, berikut tips yang bisa kalian terapkan!

1. Bawa Kamera Kemanapun

Salah satu cara adalah dengan siap sedia peralatan seperti kamera kemanapun kamu pergi sehingga ketika ada momen-momen yang bagus, sobat dapat langsung mengeluarkan kamera dan memotret. Selain itu, jika kamu pergi dengan teman atau orang lain, mereka akan terbiasa dengan kamu membawa kamera sehingga mereka bisa lebih santai dan tidak tegang saat kamu mengambil foto.

2. Gunakan Zoom

Ketika sobat memotret, akan lebih baik jika kamu beráda pada jarak yang cukup jauh sehingga subjek yang kamu potret tidak menyadari ketika sedang difoto sehingga mereka dapat tetap santai dan natural.

3. Matikan Flash Cahaya

flash dapat memberikan sinyal kalau sobat sedang memotret dan akan membuat subjek menjadi kaku dan tau kalau sedang difoto. sobat dapat mengakalinya dengan menaikkan ISO dan gunakan aperture selebar mungkin.

4. Perbanyak Mengambil Foto

Gunakan continuous shot untuk mendapatkan beberapa foto sekaligus. Kadang, sobat juga bisa mendapatkan foto yang bagus di antara banyak foto tersebut dan terlihat spontan tanpa dibuat-buat.

5. Posisi Strategis

Untuk mendapatkan foto candid yang bagus pastinya sobat harus berada pada posisi yang bagus juga. Coba latih dirimu untuk berpikir selangkah di depan, misalnya pada foto wedding kira-kira apa yang akan terjadi selanjutnya, atau tempat mana yang paling pas untuk mengambil momen-momen yang bagus. Dengan bertanya lebih banyak akan membuat sobatmenjadi lebih jeli dan menjelajah ruangan dengan detail.

Selain itu, jangan lupa untuk meminta izin saat mengambil foto candid. Jangan sampai hasil foto kalian bermasalah dikemudian hari.

Egi Andrea Digital Marketing yang sedang tertarik dengan SEO dan Blogging | Semoga tulisan saya bisa memberikan manfaat! blog.egiandrea(at)gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *