Bagi yang tahu bagaimana cara memotret dengan kamera hp tentu menjadi keuntungan tersendiri. Karena, tanpa menggunakan kamera DSLR yang canggih, hanya bermodal kamera handphone pun juga nyatanya sanggup memberikan hasil potret foto yang cukup memukau. Selain itu, cara memotret dengan kamera handphone pun juga terbilang cukup mudah dan tak terlalu rumit. Sehingga, dengan hanya bermodalkan kamera smartphone, tentu saja kamu bisa menghasilkan foto yang sangat jernih dan smooth. Lantas, kira-kira bagaimana sih cara memotret dengan kamera hp?

Kenali Kemampuan Kelebihan & Kekurangan Kamera HP

Kalian harus ingat, resolusi besar yang ada di ponsel atau hp tidak menjamin untuk selalu bisa menghasilkan kualitas gambar yang bagus. Bisa saja ponsel yang memiliki resolusi 16 MP bisa kalah dari ponsel yang hanya memiliki resolusi 12 MP kame anya. Tidak percaya? Coba lihat hp Samsung Galaxy S7 yang hanya memiliki resolusi 12 MP tetapi bisa menghasilkan foto yang lebih baik dari Samsung Galaxy S6 padahal resolusi Samsung Galaxy S6 lebih tinggi yaitu 16 MP. Apa rahasianya? Ternyata rahasianya terletak pada jenis yang digunakan! Fitur canggih yang diambil pada suatu kamera.

Baca Juga :  JPEG atau RAW, Mana yang Lebih Baik?

Jaga Kebersihan Kamera Handphone

Rata-rata setiap orang senantiasa menggenggam hp atau smartphone saat bepergian kemana saja. Hal ini membuat hp atau smartphone menjadi benda yang paling rentan terkena debu, minyak, keringat dan kotoran yang ada di sekitar Anda. Ingat, sebaik apa pun kita memotret dan sebagus apapun objek yang difoto kalo kita kotor maka hasil pastilah buruk dan tidak baik.Karena itu, selalu bersihkan hubungan hape kamu dari minyak, kotoran, debu, keringat dan bekas pakai jari. Ingat untuk membersihkannya dengan menggunakan tisu atau kain bersih yang halus. Tak perlu cairan apapun.

Perhatikan Pencahayaan

Istilah lain dari fotografi adalah melukis dengan cahaya. Gunakan pencahayaan alami, pencahayaan pencahayaan yang ada cukup. Jangan berlebihan berlebihan. Hal ini sangat penting. Mengambil keterbatasan sensor Kamera pada hp Anda yang ukurannya lebih kecil dari kamera DSLR atau mirrorless. Karena ukurannya yang kecil otomatis lebih mudah. Karena itu, Anda harus mengakalinya dengan memotret dalam Lingkungan yang cukup cerah. Ingat, kamera hp atau ponsel cerdas sesensitif mata kita yang bisa melihat dalam keremangan.Karenanya, usahakan agar cahaya yang menerangi objek foto mencukupi. Makanya, tidak heran jika hasil foto outdoor lebih bagus dari hasil foto indoor.

Baca Juga :  Cara Mudah Membuat Transkip Wawancara dengan Ponsel Android

Fokus Pada Satu Objek

Pilih objek yang menarik Sekalipun sobat sudah jago banget memotret, menguasai beragam teknik fotografi yang ribet dan tinggi bahasanya, tapi kalo objek yang dipotret kurang menarik yah sama saja. Pasti hasil foto yang ada kurang menarik Salah satu cara agar foto tampak lebih menarik dengan fokus pada satu objek yang terlihat menarik. Bagaimana cara menentukannya? Perbanyak melihat dan membandingkan hasil foto dari fotografer lain.

Coba Perspektif yang Berbeda

Coba memotret dari tempat yang tidak biasa. Coba perspektif yang berbeda. Foto dari sudut pandang dan perspektif yang biasa-biasa saja maka hasil pun akan biasa-biasa saja. Karena itu, cobalah memotret dari sudut pandang atau perspektif yang berbeda. Misalnya, jongkok dan potretlah dari sudut dan perspektif yang lebih rendah dari objek fotonya. Teman juga bisa mencari materi kelas garasi sebelumnya yang membahas tentang sudut-sudut keren dalam fotografi, Dengan begitu foto kita akan memberikan pilihan khusus yang tidak biasa dilihat mata manusia normal.