Contact - blog.egiandrea(at)gmail.com

6 Tips Agar Presentasimu Berjalan Lancar

Mungkin jika kamu berkunjung ke artikel ini, kamu sedang mencari cara mengatasi rasa malu saat presentasi atau sedang mempersiapkan presntasi yang baik. Saat ini kemampuan presentasi adalah keterampilan yang penting di segala kondisi, entah bisnis ataupun selain bisnis. Presentasi yang dipersiapkan dengan baik adalah kunci untuk komunikasi bisnis yang efektif, mengarahkan perusahaan untuk mendekati tujuannya.

Tapi itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Kita sudah berlatih bahasa tubuh dan membuat kesimpulan yang bagus untuk presentasi. Kita sudah belajar berbicara secara alami. Tapi begitu slide powerpoint muncul di layar, Kita kehilangan kata-kata.

Berikut 6 Tips Percaya Diri Saat Presentasi,

  1. Menguasai Topik
  2. Nikmati Presentasi
  3. Kenali Audiencemu
  4. Cakupan Ruangan
  5. Gunakan Interaksi
  6. Sederhana dan To The Point.

1. Menguasai Topik

Sangat penting untuk memahami topik presentasi supaya kamu bisa menjelaskan materi presentasi dengan baik dan lancar. Sebenarnya sama saja dengan menjawab soal, hanya saja sewaktu presentasi, kamu menjawab secara lisan dan bukan tertulis.

Untuk memahami topik presentasi, pastikan kamu membaca sebanyak mungkin referensi, terlebih jika saat presentasi terdapat sesi tanya jawab. Kamu bisa membaca buku, menonton video, ataupun mencoba presentasi ke rekanmu untuk menguji seberapa paham dengan materi yang akan di presentasikan.

Memiliki informasi yang cukup dan relevan dapat membantumu menyusun struktur presentasi dengan lebih baik – mulai dari pengenalan, isi dan kesimpulan, serta informasi pendukung untuk membantu pendengar untuk memahami apa yang ingin kamu sampaikan. Selain itu, ketika kamu sudah paham dengan topik presentasimu, kamu akan merasa lebih percaya diri dan bisa menikmati presentasi.

2. Nikmati Presentasi

pertama dan terutama, mari kita perjelas niat Anda untuk presentasi. Apakah kamu harus melakukannya? Atau apakah itu karena Anda benar-benar ingin berbagi wawasan yang berharga? Dengan Mengetahui tujuan Anda dan pentingnya menyampaikan pesan Anda, Anda akan lebih terdorong dan bersemangat ketika berbicara kepada audiens Anda (dan ini akan membantu Anda mengatasi demam panggung Anda).

3. Kenali Audiensmu

Pematri yang hebat akan berusaha dengan mengenal audiensnya. Kenali mereka: siapa mereka? Apa latar belakang mereka? Apa yang mereka butuhkan? Bertemu dengan para tamu sebelum presentasi Anda juga merupakan ide bagus, karena Anda akan memiliki kesempatan untuk terhubung dan menjadi ramah dengan mereka, sangat bagus untuk melihat keluar ke audiens dan melihat beberapa wajah familar.

4. Cakupan Ruangan

Persiapan terutama tidak fokus pada pengumpulan konten atau mendesain slide yang menarik. Anda juga disarankan untuk mengunjungi tempat itu beberapa jam atau sehari sebelumnya. Pergilah ke kamar sebelum para tamu. Bayangkan orang-orang yang akan berada di sana sehingga Anda dapat mempersiapkan bagaimana Anda akan hadir dan bagaimana Anda akan menyesuaikan langkahnya.

5. Terkadang Perlu Interaksi

Apakah Anda takut audiens akan menguap di tengah-tengah presentasi Anda? Cobalah untuk melibatkan audiens Anda dengan mengajukan pertanyaan. Jika tidak ada yang menjawab, perhatikan mereka dengan mengunjungi orang tertentu. Hadir seolah-olah Anda sedang berbicara dengan satu orang dan pertahankan kontak mata.

6. Sederhana & To The Point

Seperti rumus lama tapi benar kata KISS (tetap sederhana dan pendek). Bagi konten Anda menjadi pembukaan, pengantar, isi, dan penutup, dan sejelas mungkin. Audiens Anda akan kehilangan minat jika Anda menggunakan kata-kata besar. Mungkin terdengar bagus, tapi itu tidak perlu. Tujuan dari presentasi ini bukan untuk menunjukkan seberapa baik Anda tetapi untuk membuat mereka mengerti.

Tidak ada yang Sempurna

Umumnya, orang tidak percaya diri ketika memberikan presentasi karena mereka takut salah. Perlu diingat bahwa kita semua adalah manusia normal yang membuat kesalahan sederhana. Tidak takut membuat kesalahan adalah cara yang baik untuk menerima kemampuan Anda sepenuhnya sebagaimana adanya. Audiens Anda akan menghargai itu dan selalu ingat bahwa mereka ingin Anda berhasil. Selain itu, semakin kamu sering melakukan presentasi, maka akan semakin kamu mudah kamu melakukan presentasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapetin Insight seputar Digital Marketing & Sosial Media di Grup Telegram. GRATIS!
Join Grup Telegram
Total
0
Share