Egi Andrea Digital Marketing yang sedang tertarik dengan SEO dan Blogging | Semoga tulisan saya bisa memberikan manfaat! blog.egiandrea(at)gmail.com

Waktu Terbaik Posting di Sosial Media (Update 2020)

2 min read

Jika kamu merupakan seorang penggiat social media atau bahkan admin sebuah akun social media, mungkin bertanya-tanya kapan waktu Terbaik untuk Posting di Sosial Media seperti Instagram, Facebook, LinkedIn dan lainnya? Apakah ini memiliki pengaruh? Apakah kamu yakin waktu terbaik untuk memposting di media sosial?

Pada prinsipnya waktu terbaik untuk memposting di media sosial adalah kapan pun saat audiensmu aktif di Social Media. Posting diwaktu yang tepat dapat menghasilkan lebih banyak suka, komentar, bagikan, dan klik-tayang.

Falcon.io telah mengumpulkan data terbaru dari 19 studi yang berbeda untuk menentukan kapan waktu terbaik untuk posting di Social Media. Berikut adalah waktu dan hari yang merupakan waktu terbaik untuk posting di Social Media

Berikut waktu terbaik untuk posting di Social Media

Instagram 10:00, 11:00, dan 15:00 Hari Senin, Rabu, Kamis dan Jumat
Facebook 11:00 – 15:00 Hari Rabu, Kamis dan Jumat
Twitter 10:00-12:00, 18:00 Hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis
Linkedin 08:00, 12:00, 18:00 Hari Selasa, Rabu dan Kamis

Penjelasan Waktu Terbaik untuk Posting di Social Media

Instagram

Hari terbaik posting di Instagram adalah Senin, Rabu, Kamis, Jumat

Instagram menjadi semakin penting untuk kegiatan bisnis salah satunya untuk branding dan marketing. Jadi kapan waktu terbaik untuk posting di Instagram? Hasilnya sangat bervariasi. Algoritma Instagram lebih menyukai “recency” ketika menentukan postingan mana yang akan muncul di beranda. Karena tidak lagi menggunakan konsep “timeline”. Instagram menjadi Media Social yang unik.

Waktu makan siang adalah waktu puncak interaksi tertinggi. Orang-orang lebih cenderung memeriksa feed mereka ketika sedang istirahat. Posting Instagram yang diterbitkan tepat setelah jam kerja cenderung mendapatkan lebih banyak keterlibatan juga. Banyak pengguna memeriksa feed mereka di perjalanan pulang-pergi atau sambil istirahat setelah bekerja.

Pagi-pagi juga merupakan waktu yang baik. Coba posting sekitar pukul 5 pagi, karena orang biasanya memeriksa ponsel mereka ketika bangun tidur.

Kamis tampaknya menjadi puncak minggu ini, dan itu juga merupakan hari puncak untuk memposting ke Instagram jika Anda ingin mendapatkan klik, favorit, dan komentar. Dan tidak heran. Jumat sudah dekat, dan semua orang mencari beberapa foto Insta yang indah untuk menyelesaikannya hingga akhir pekan.

Semua hari kerja lainnya kecuali hari Selasa cenderung memiliki tingkat keterlibatan yang solid juga. Namun berhati-hatilah untuk memposting pada hari Minggu, karena Anda tidak akan mendapatkan banyak suka atau komentar.

Facebook

Hari terbaik untuk posting di Facebook adalah Rabu, Kamis, Jumat

Facebook memiliki lebih dari dua miliar pengguna pada tahun 2019 dan ini menjadikannya Social Media dengan jumlah pengguna terbanyak didunia. Pada tahun 2019 Facebook juga mengubah algoritmanya dengan menampilkan feed yang lebih mengutamakan postingan dari keluarga dan teman-teman dari pada brand atau pages. Selain itu pengguna juga bisa mengatur postingan siapa yang ingin di utamakan.

Lantas kapan waktu terbaik untuk posting di Social Media? Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa waktu terbaiknya adalah antara siang dan jam empat sore. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan dan interaksi pengguna Facebook meningkat pada siang hingga sore hari.

Keterlibatan pengguna berada pada titik tertinggi secara keseluruhan pada hari Jumat, terutama untuk akun social media brand. Menariknya, sebuah studi oleh Unmetric menemukan bahwa jumlah interaksi per posting tertinggi pada hari Rabu untuk akun bisnis, meskipun rata-rata posting lebih sedikit pada hari Rabu. Jadi, jika kamu ingin mendapatkan interaksi yang tinggi, coba posting pada hari Rabu lebih sering juga.

Linkedin

Hari terbaik posting di LinkedIn adalah Selasa, Rabu, Kamis

DI LinkedIn waktu paling banyak klik, berbagi, dan komentar terjadi tepat sebelum bekerja, setelah bekerja, dan saat makan siang. Jadi waktu terbaik di LinkedIn adalah jam 8 pagi, 12 siang, 5-6 sore.

Algoritma LinkedIn berbeda dengan social media lain, karena konten yang viral (terdapat banyak like, komen dan share) akan lebih besar kemungkinan muncul di beranda. Pada Jam 9-11 pagi banyak pengguna LinkedIn yang memeriksa feed mereka dan berinteraksi dengan posting pada siang hari saat istirahat.

Hindari untuk posting di akhir pekan karena orang cenderung malas membuka LinkedIn jadi sebaiknya hindari posting di akhir pekan atau di hari senin saat orang sedang banyak pekerjaan yang menunggu. Hari Selasa, menghasilkan klik dan bagikan terbanyak di jaringan.

Waktu terbaik untuk posting di LinkedIn adalah jam 07:45 10:45, 12:45, dan 05:45.

Hari terbaik untuk posting jenis akun B2B di LinkedIn adalah Rabu
Hari terbaik untuk posting jenis akun B2C di LinkedIn adalah hari Senin dan Rabu.

Twitter

Umur tweet sangat singkat — hanya 18 menit untuk pengguna dengan tampilan timeline berdasarkan waktu serta dengan jumlah following yang banyak. Pastikan kamu memiliki waktu kurang dari 20 menit untuk memastikan konten Anda mencapai orang yang tepat!

Waktu terbaik posting di Twitter adalah jam 5-6 sore dan 10-12 malam

Interaksi posting Twitter tinggi saat pada siang hari ketika semua orang makan siang dan tertinggi saat pukul 5 hingga 6 sore, tepat setelah orang-orang keluar dari pekerjaan mereka. Malam hari juga merupakan waktu terbaik tepat saat orang orang ingin beristirahat.

Hari terbaik untuk posting di Twitter adalah Senin, Selasa, Rabu, Kamis

Penggunaan dan interaksi di Twitter sangat tinggi pada hari Rabu dan Kamis, jadi ingatlah saat merencanakan postingmu berikutnya. Ditambah lagi, berdasarkan penelitian hari Rabu cenderung mendapatkan rasio klik-tayang tertinggi dan jumlah retweet.

Jika sudah tau Waktu Terbaik untuk Posting di Sosial Media, sekarang saatnya kamu posting! Jangan lupa membuat konten terbaikmu karena ada pribahasa yang mengatakan “Konten is The King”.

Egi Andrea Digital Marketing yang sedang tertarik dengan SEO dan Blogging | Semoga tulisan saya bisa memberikan manfaat! blog.egiandrea(at)gmail.com

4 Replies to “Waktu Terbaik Posting di Sosial Media (Update 2020)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *